Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Rebutkan Kapolda Jatim Cup, MTQ XIV Digelar di Malang

Ketua Panitia MTQ XIV PW JQH Jawa Timur, Musyafa’ Aly saat menyerahkan surat resmi kepada KH Mun’im Syadzili, Pengasuh Ponpes Asy-Syadzili, Pakis Malang.

SURABAYA (global-news.co.id) – Pimpinan Wilayah (PW) Jamiyyatul Qurra’ wal-Huffazh (JQH) Jawa Timur menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIV lanjutan, Kapolda Jatim Cup 2021. Perhelatan digelar di Pondok Pesantren Asy-Syadzili, Pakis, Malang, pada 10-11 April 2021 ini sekaligus memuncaki rangkaian tahapan MTQ XIV yang sudah digelar di Ponpes Konang, Bangkalan.

Acara MTQ yang dijadwalkan dihadiri Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar ini dilaksanakan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan ketat. Tiga jenis lomba MTQ ini meliputi Musabaqah Hizhil Quran (MHQ), putra-putri 10 Juz dan 20 Juz, lomba Mars dan Sholawat, serta lomba Tilawah yang  terbagi atas kategori Anak putra-putri, Remaja putra-putri.

Ketua MTQ XIV JQH Jawa Timur, Musyafa’ Aly menjelaskan, dalam kondisi apa pun syiar Islam melalui Alquran tidak boleh berhenti. Situasi pandemi Covid-19 tidaklah menjadi hambatan untuk tetap mengadakan kegiatan berkelanjutan.

“Semula memang kegiatan ini akan digelar di gedung PWNU Jawa Timur. Namun dengan pertimbangan syiar lebih luas maka diputuskan diadakan di Ponpes Asy-Syadzili Pakis Malang,” turut Musyafa’, dalam keterangannya Sabtu (3/4/2021).

Sebagai persiapan kegiatan di masa pandemi ini, pada Sabtu 3 April diadakan seleksi Lomba Mars dan Sholawat, yang diikuti lebih dari 10 peserta dari sejumlah cabang JQH di Jawa Timur. Acara seleksi ini akan menentukan peserta yang akan ditampilkan pada saat MTQ berlangsung di Pondok Pesantren Asy-Syadzili Pakis Malang.

Untuk keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini, panitia dari PW JQH Jawa Timur telah mengadakan pertemuan teknik di Pondok Pesantren Asy-Syadzili sebagai panitia lokal penyelenggara, yang dihadiri Pesantren Pesantren KH Mun’im Syadzili, Jumat (2/4/2021).

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia MTQ Musyafa’ Aly berkesempatan menyerahkan surat resmi kepada KH Mun’im Syadzili, di pesantren yang menampung 2.000 santri putra dan putri itu. KH Mun’im Asyadzili berpesan agar pelaksanaan kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan. Kehati-hatian dalam menyikapi masalah pandemi harus dilakukan.

“Meskipun begitu kita tetap mengemban bagaimana Alquran tetap bergaung dan syiar di tengah masyarakat,” tuturnya.

Menurut Sekretaris Panitia, M. Ustman, segala persiapan dilakukan agar pelaksanaan berlangsung sukses dan berhasil di tengah masa pandemi Covid-19. “Sebelum masuk ke arena lomba, setiap peserta harus melewati pintu masuk sesuai protokol kesehatan. Cuci tangan, jaga jarak, memakai masker menjadi persyaratan sesuai protokol kesehatan,” tuturnya.

MTQ XIV kali akan disiarkan langsung melalui Channel Official JQHNU Jatim.sir

 

baca juga :

Liga 1: Bhayangkara Juru Kunci, Persebaya Pantang Anggap Remeh

Redaksi Global News

Mulai Maret 2022, Kota Surabaya Canangkan Program Padat Karya

Redaksi Global News

Buka Festival Dalang Muda 2019, Sekdaprov Heru Ingatkan Pentingnya Pemahaman Pakem Pewayangan

Redaksi Global News