Global-News.co.id
Nasional Utama

Pertamina Peduli Turun Langsung ke Pulau-pulau di Nusa Tenggara Timur

 Pertamina ikut terlibat dalam meringankan beban derita warga yang terkena bencana terlebih untuk warga di Kab Waingapu dan Kep Adonara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

 

ADONARA (global-news.co.id)  — Bencana alam menyisakan cerita yang sedih dan pilu baik bagi warga yang terdampak dan seluruh masyarakat. Pertamina menunjukkan kepedulian sebagai perusahaan yang juga terlibat dalam meringankan beban derita warga yang terkena bencana terlebih untuk warga di Kab Waingapu dan Kep Adonara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Semenjak cuaca ekstrem terjadi beberapa hari yang lalu, transportasi pengiriman logistik kebutuhan masyarakat juga terpaksa harus berhenti. Mereka yang berada di posko-posko pengungsian kesulitan mendapatkan barang-barang kebutuhan pangan dan sandang.

Pulau Adonara yang sejak Minggu (5/4/2021)  lalu dilanda banjir bandang, memaksa syahbandar pelabuhan di sekitarnya menutup jalur transportasi air karena kondisi gelombang tinggi yang berpotensi bahaya bagi kapal-kapal yang melintas.

Sementara untuk Kab. Waingapu, salah satu akses masuk melalui Bandar Udara Umbu Mehang Kunda (UMK) sudah ditutup untuk penerbangan dikarenakan sarana prasarana di bandar udara tersebur tergenang air sejak Sabtu (4/4/2021).

Melalui Pertamina Peduli, bantuan telah dipersiapkan bagi masyarakat berupa sembako, susu bayi dan ibu hamil, pakaian dewasa dan anak, sabun, selimut, popok sekali pakai, dan terpal plastik dengan total nilai bantuan sebesar Rp 228 juta  yang dikirimkan menuju lokasi posko pengungsian di wilayah Waiweran dan Sumba Timur.

Executive General Manager (EGM) Pertamina Marketing Region Jatimbalinus CD Sasongko menyampaikan keprihatinannya dan berharap semoga bantuan ini dapat membantu meringankan dan berguna bagi para pengungsi hingga kondisi cuaca ekstrem dan musibah banjir ini berlalu.

“Sampai saat ini juga, Pertamina terus berkoordinasi dengan BNPB, BPBD, Pemkab dan Kodim di beberapa daerah untuk memetakan kebutuhan yang dapat membantu pengungsi di posko-posko yang terdampak akibat cuaca ekstrem ini,” ujar Sasongko dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (12/4/2021).

Bantuan untuk Adonara diserahkan Pertamina diwakili oleh Fuel Terminal Manager Larantuka, Erik Imam Kasmianto. Dan diterima langsung oleh Ketua Posko Terpadu Kecamatan Adonara Timur, Damianus Wuran.

Di saat yang bersamaan di Waingapu Pjs. Fuel Terminal Manager Waingapu, Arie Hernawan menyerahkan langsung bantuan kepada Kepala Pelaksana BPBD Sumba Timur, Mikail Jaka Laki untuk nantinya akan didistribusikan lebih lanjut menuju posko-posko pengungsi di wilayah tersebut.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi para pengungsi, di tengah kondisi yang memprihatinkan seperti ini, kesulitan para pengungsi mendapatkan kebutuhan sandang dan pangan dijawab langsung oleh Pertamina Peduli,” ujar Mikail.

Selain turun tangan untuk dapat membantu meringankan beban masyarakat terdampak, Pertamina tetap terus mengupayakan pemulihan layanan energi bagi masyarakat. Hingga kini cuaca ekstrem kadang terjadi di beberapa kabupaten dan kota di NTT, namun jalur distribusi yang terhambat sudah pulih sekitar 80 persen.

“Di Kota Kupang, dari total 15 SPBU, sebanyak 11 sudah kembali dapat melayani kebutuhan masyarakat. Kami imbau masyarakat untuk tidak panik dan membeli dengan jumlah cukup sesuai kebutuhan, Pertamina memastikan energi dalam bentuk BBM dan Minyak Tanah akan tetap tersedia,” tutup Sasongko. tis

baca juga :

246 Rumah di Sapudi Rusak, Pemprov Janji Bantu Perbaiki

Redaksi Global News

Hari Disabilitas Internasional Jadi Momen Tingkatkan Kesetaraan

Redaksi Global News

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Pemkab Sidoarjo Buka Kembali Isoter MPP

Redaksi Global News