Global-News.co.id
Nasional Pendidikan Utama

PEM Akamigas Sabet Medali Emas dari Rusia

Piagam penghargaan yang menandai kemenangan PEM Akamigas di ajang The 24th Moscow International Salon of Invention and Innovation Technologies “Archimedes”.

BLORA (global-news.co.id) – Mahasiswa Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas berhasil menyabet medali emas dalam ajang bergengsi The 24th Moscow International Salon of Invention and Innovation Technologies “Archimedes” yang digelar di Moscow, Rusia  akhir Maret lalu. Prestasi gemilang itu diraih Niken Puspitasari, Kartika Eka Sari Dewi, Nurman Assauri, Muhammad Dafa Alfarel, Novita Penina Djamanmona, dan Eklesia Alfrits Constantin Lapian setelah menyisihkan 600 proyek inovatif dari 18 negara peserta lomba.

Mewakili tim PEM Akamigas, Kartika Eka Sari Dewi, mengatakan ajang tersebut berbentuk presentasi produk dan pameran yang dilaksanakan secara daring karena masih dalam masa pandemi Covid-19. “Jadi untuk lombanya sendiri dalam bentuk presentasi. Kita hanya mengirimkan video dan nanti tim panitia lombanya yang akan menilai. Pemerintah Rusia juga melarang warga asing untuk masuk ke negaranya,” ujar mahasiswa Program Studi Teknik Pengolahan Minyak dan Gas tingkat 3 ini saat dikonfirmasi, Jumat (2/4/2021).

Tim PEM Akamigas mendaftar pada Januari 2021. “Selama kurang lebih 2 bulan, kami malakukan uji coba metoda pengolahan limbah masker berbahan polipropilena dan limbah Styrofoam menjadi produk gasoline,” imbuh Eka, sapaan akrab Kartika.

Di bawah bimbingan dosen PEM Akamigas, Zami Furqon, tim Prodi Teknik Pengolahan Migas ini mengangkat “ProstyGas (Polypropylene-Styrene Gasoline,red): Conversion Disposable Mask and Styrofoam Waste Becoma Gasoline as an Alternative Fuel” sebagai materi yang dipresentasikan.

“Alhamdulillah kami bisa dapetin gold medal, setidaknya kerja keras kami sampe menginap di lab gak sia-sia. Yang jelas, awalnya gak nyangka banget bisa dapat gold medal dengan saingannya yang dari 18 negara….speechless aja gitu,” kata Eka bersemangat.rno

baca juga :

Pemkab Pamekasan Luncurkan Program ‘’Vital-19’’

gas

Rata-rata Kontak Pemain Barito Putera Berdurasi Setahun

Laga MU Tembus Lagi Empat Besar

Redaksi Global News