Global-News.co.id
Nasional Utama

Menko PMK Koordinasikan Bantuan untuk Keluarga Awak Nanggala-402

Dok GN
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy

JAKARTA (global-news.co.id)  – Musibah tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan utara Bali  mendapat perhatian banyak kalangan. Bantuan untuk keluarga 53 awak kapal yang gugur dalam musibah itu datang dari berbagai pihak.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy terus mengoordinasikan berbagai bantuan untuk keluarga awak KRI Nanggala-402.

Menurut Muhadjir, pemerintah juga akan terus berkoordinasi memberikan bantuan lain yang dibutuhkan termasuk bantuan kesejahteraan dan psikologi keluarga korban.

Muhadjir menuturkan bahwa penyaluran bantuan melibatkan Kementerian Sosial (Kemensos), Asabri, dan juga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) khususnya yang behubungan dengan beasiswa.

“Langkah yang kita ambil adalah memberikan konseling, penguatan secara psikis kepada para keluarga anak buah kapal dan tentu saja bantuan-bantuan yang diperlukan terutama bantuan kehidupan sehari-hari yang dibutuhkan oleh keluarga korban,” ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip, Selasa (27/4/2021).

Ia menyebut pemerintah melalui Kemensos telah lebih intensif bekerjasama dengan Pusat Psikologi TNI Angkatan Laut dalam melakukan konseling. Sedangkan, untuk kelangsungan pendidikan anak-anak keluarga korban awak kapal KRI Nanggala-402 akan dijamin hingga jenjang strata 1 (S1) dan diupayakan melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). “Adapun yang ingin melanjutkan karir dari orangtuanya di TNI, kemarin Pak Wakasal juga sudah beri jaminan mereka akan diupayakan selama mereka memenuhi persyaratan-persyaratan” tutur Menko PMK.

Sebagaimana diketahui, KRI Nanggala-402 dipastikan tenggelam di perairan utara Bali dan seluruh awak kapal yang berjumlah 53 orang dinyatakan gugur. jef, dja

 

baca juga :

Badrut Tamam Terpilih Jadi Kabid Hubungan Internasional Apkasi

gas

Istighotsah Warnai Milad Ke-5 Majelis Dzikir Wisper

gas

Bahas Masalah Tembakau, Wagub Jatim Bersama Gubernur Jateng Hadiri Rembug Nasional

Redaksi Global News