Global-News.co.id
Mancanegara Utama

Kematian Harian Covid-19 di India Tembus 1.761, Sejumlah Kota Mulai Lockdown

Menyusul tingginya angka harian kematian akibat Covid-19, Pemerintah India melakukan pengetatan pembatasan dengan lockdown di sebagian besar kota di negara itu.

 

MUMBAI (global-news.co.id) – Kasus kematian harian akibat Covid-19 di India masih tinggi. Dalam 24 jam terakhir, kematian di India dilaporkan mencapai 1.761 orang. Ini menjadi jumlah korban harian tertinggi yang pernah dicatatkan negara tersebut.

Kementerian Kesehatan India juga melaporkan hingga Selasa (20/4/2021) ada 259.170 infeksi baru, menjadi tingkat harian tertinggi di dunia. India telah melaporkan infeksi harian di atas 200.000 selama enam hari. Total kasus virus corona di India saat ini mencapai 15,32 juta, nomor dua setelah Amerika Serikat (AS).

Pemerintah India pun telah melakukan pengetatan pembatasan dengan lockdown di sebagian besar kota di negara itu. India kini sudah masuk dalam gelombang kedua virus corona yang membuat orang berjuang untuk mendapatkan tempat tidur rumah sakit, oksigen dan obat-obatan.

“Negara terpadat kedua di dunia itu sedang bergulat dengan keadaan darurat kesehatan publik terbesarnya setelah menurunkan kewaspadaan-nya ketika infeksi virus corona turun ke titik terendah dalam beberapa bulan,” kata para ahli dan pejabat kesehatan.

Delhi, yang merupakan ibukota negara yang mengalami lonjakan kasus terbesar, memulai penguncian enam hari sejak Senin (19/4/2021) malam waktu setempat. Para pejabat berharap ini dapat memperlambat penularan virus dan mengurangi tekanan pada infrastruktur kesehatan.

Orang-orang di Delhi dan di Kota Uttar Pradesh, negara bagian terpadat di India, meminta bantuan melalui Twitter untuk membawa keluarga mereka ke rumah sakit. Yang lain melaporkan sangat kekurangan oksigen dan obat anti virus Remdesivir.

“Ini tragedi monumental yang berlangsung di seluruh India. Tidak ada tempat tidur di rumah sakit, tidak ada oksigen, tidak ada vaksinasi,” kata Manish Tewari, anggota parlemen oposisi, melalui Twitter.

India telah kehilangan 180.530 orang karena virus corona. Jumlah ini memang masih cukup jauh dari 567.538 kematian yang dilaporkan di AS, tetapi para ahli telah memperingatkan bahwa jumlah kematian resmi tidak mencerminkan kenyataan di lapangan dan angka itu bisa meningkat tajam karena para dokter berjuang untuk mengatasi tekanan tersebut.

“Tekanan besar pada rumah sakit dan sistem kesehatan saat ini akan berarti bahwa sejumlah besar orang yang akan pulih seandainya mereka dapat mengakses layanan rumah sakit mungkin meninggal hanya karena ini,” kata Gautam I Menon, seorang profesor di Universitas Ashoka.

Beberapa kota besar sudah melaporkan jumlah kremasi dan penguburan yang jauh lebih besar di bawah protokol virus corona daripada jumlah kematian resmi Covid-19, menurut petugas krematorium dan pemakaman.

Bhramar Mukherjee, seorang profesor biostatistik dan epidemiologi di Universitas Michigan, mengatakan banyak bagian India berada dalam “penyangkalan data”.

Disengat oleh kritik bahwa pemerintah telah mengecewakan rakyatnya, Perdana Menteri Narendra Modi memerintahkan vaksinasi pada hari Senin untuk siapa pun yang berusia di atas 18 tahun untuk diberikan mulai 1 Mei.

Sejauh ini, 108,5 juta orang telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19, menurut portal pemerintah. Ini tersebut masih sebagian kecil dari 1,3 miliar penduduk India.

Pusat Pengendalian dan Perlindungan Penyakit AS mengatakan, semua perjalanan harus dihindari ke negara itu, sementara Inggris mengatakan akan menambahkan India ke “daftar merah” perjalanannya. zis, yan, ktn

baca juga :

Produksi Alat Pengolahan POG G-Esemka, Gubernur Khofifah Apresiasi Inovasi SMKN 1 Jenangan Ponorogo

Redaksi Global News

New Normal, Wisata Banyuwangi Bakal Beroperasi Lagi

Kasad Sebut Tiga Oknum Anggota TNI Terlibat Tabrakan di Nagreg Layak Dipecat

Redaksi Global News