Global-News.co.id
Mataraman Utama

Bantu Bencana NTT, Pemprov Jatim Kirim 1 Ton Beras dan Uang Rp 1 Miliar

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jatim Heru Tjahjono

PONOROGO (global-news.co.id) – Bencana banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang yang melanda di sebagian wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) memancing perhatian Pemprov Jatim. Untuk meringankan beban masyarakat, Pemprov Jatim memberikan bantuan 1 ton beras dan uang 1 miliar.

“Sesuai arahan Ibu Gubernur kemarin, kami akan membantu uang Rp 1 miliar dengan beras 1 ton. Itu arahan Ibu Gubernur untuk memberikan bantuan musibah NTT,” ujar Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono disela-sela mendampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan kerja di Kab Ponorogo, Selasa (6/4/2021).

Heru Tjahjono menjelaskan, bantuan tersebut rencananya akan dikirimkan ke NTT pada 10 April 2021 melalui jalur laut.  “Dan berangkatnya mungkin pada 10 April 2021 dengan KRI Semarang,” jelasnya.

Ditanya soal apakah ada warga Jatim yang menjadi korban bencana di NTT, mantan Bupati Tulungagung itu menyampaikan akan mengeceknya lebih detail lagi. “Belum dicek. Nanti kita akan ada yang ke sana,” terangnya.

Sedang terkait pengiriman personel untuk membantu penanganan bencana banjir bandang NTT, Heru kembali menegaskan bahwa pihaknya akan melihat kondisi terlebih dulu.

“Makanya akan melihat kondisi di sana, apakah kita menurunkan personel atau tidak. Prinsipnya Ibu Gubernur memberikan arahan untuk membantu 1 ton beras sementara dan uang Rp 1 miliar,” ujar Heru.

Sementara terkait bencana yang terjadi di NTT, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sebelumnya menyampaikan duka cita mendalam, terutama kepada keluarga korban yang meninggal. Menurut Khofifah, rakyat NTT tidak sendirian menanggulangi bencana tersebut.

“Atas nama pribadi dan seluruh masyarakat Jawa Timur, saya menyampaikan duka cita mendalam atas korban meninggal dunia dalam musibah tersebut. Kejadian ini menjadi duka bersama Indonesia. Semoga NTT bisa segera pulih,” ungkap Gubernur Khofifah.

Khofifah juga mengajak seluruh rakyat Jawa Timur untuk turut serta mendoakan keselamatan warga NTT dari bencana hidrometeorologi akibat Siklon Seroja tersebut. tut

 

baca juga :

Berdayakan UMKM di Tengah Pandemi COVID-19, Pemkot Surabaya Membuat Ribuan Masker dan APD

Redaksi Global News

Liga 1: Semua Pemain Sama, yang Paling Penting Kinerja di Lapangan

Redaksi Global News

Antisipasi Banjir, Pemkot Surabaya Kebut Pengerjaan Saluran Air

Redaksi Global News