Global-News.co.id
Pendidikan Utama

149 Calon Peserta PMB PEM Akamigas Bersiap Uji Mandiri

Uji coba tes mandiri PMB PEM Akamigas di Grha Oktana, Sabtu (24/4/2021).

BLORA (global-news.co.id) – Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PEM Akamigas Tahun Akademik 2021/2022 telah digaungkan sejak Januari 2021 yang lalu. Sebanyak 149 orang calon peserta PMB pun telah melakukan pendaftaran dan pengiriman kelengkapan berkas untuk proses seleksi calon mahasiswa baru.

Ada yang berbeda di tahun ini untuk proses PMB PEM Akamigas. Bagi calon pendaftar lulusan SMA/MA/SMK Teknik, disediakan aplikasi uji coba tes mandiri.   Calon pendaftar bisa melakukan uji coba pengerjaan soal-soal ujian. Adapun mata pelajaran yang diujikan adalah  Matematika, IPA (Fisika dan Kimia) dan Bahasa Inggris.

“Kagiatan ini kita lakukan untuk uji coba dan analisis per butir soal bagi para calon pendaftar PMB. Melalui tryout ini, kita kan bisa melihat mana kadar soal yang tergolong mudah, sedang, hingga sulit, menurut para lulusan SMA. Bisa saja untuk soal yang menurut kita tergolong sedang, ternyata bagi mereka itu adalah soal yang sulit,” ujar Wakil Direktur I PEM Akamigas Erdila Indriani saat sedang melihat jalannya uji coba tes mandiri PMB PEM Akamigas di Grha Oktana, Sabtu (24/4/2021).

Menurutnya, analisa ini diperlukan untuk membuat standar bagi soal yang disediakan berdasarkan objek para lulusan SMA yang mengerjakan soal. Bukan berdasarkan sisi si pembuat soal.

“Misalkan saat kita membuat 100 soal, dengan 30% mudah, 40% sedang, dan 30% susah menurut pembuat soal. Tapi berdasarkan analisis tryout ini, susahnya ternyata menjadi 50%, mudahnya ternyata menjadi 10%. Nah standar itulah yang harus kita revisi berdasarkan audiencenya para lulusan SMA ini,” imbuh Erdila.

Bagi para calon mahasiswa inipun akan mempunyai kesempatan untuk belajar mengenali tipe soal dan membiasakan diri dengan aplikasi uji mandiri PMB PEM Akamigas yang dilaksanakan secara daring.

“Kita sudah siapkan 5 paket soal berbeda untuk tes nanti. Jadi soal yang untuk tryout ini tidak akan sama ya,” pungkas Erdila. rno

baca juga :

Mulai 1 Januari 2021 Indonesia Tutup Akses Masuknya WNA

Redaksi Global News

Pandemi Corona, Seleksi CPNS Jalur Kedinasan Tahun 2020 Ditunda

Redaksi Global News

Bendung Penyebaran Covid-19, Prancis Umumkan Keadaan Darurat Lagi

Redaksi Global News