Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

VLCC PERTAMINA PRIME Lakukan Uji Coba Mulai 8 Maret 2021

VLCC Pertamina Prime bersiap untuk sea trial di Goto Islands of Nagasaki Prefecture, Jepang.

JAKARTA (global-news.co.id) – PT Pertamina International Shipping (PIS) mulai 8 Maret siap melakukan uji coba kapal tanker raksasa keduanya yang bertajuk PERTAMINA PRIME. Kapal yang telah melaksanakan steel cutting pada tanggal 20 Desember 2019 ini menurut rencana akan melakukan sea trial di Goto Islands of Nagasaki Prefecture, Jepang.

Seperti yang telah diketahui, sea trial merupakan tahap uji coba kapal guna memastikan performa kapal telah sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan oleh Japan Marine United (JMU) sebagai pembuat kapal. Kapal PERTAMINA PRIME sendiri akan melaksanakan sea trial selama 6 hari mulai 8 Maret 2021 hingga 13 Maret 2021.

Pokok yang menjadi objek uji coba antara lain seperti progressive speed, fuel consumption, turning, vibration, noise level, anchoring, steering gear, performa main engine, endurance, maneuvering kapal, konfirmasi cargo oil pumping rate capacity, running test SOx Scrubber, serta operation test Ballast Water Management System. Diharapkan, seluruh objek ini dapat beroperasi dengan baik sehingga kapal dapat mulai dilayarkan di perairan Indonesia.

“Sebelum nantinya mulai berlayar, semua bagian ini harus dipastikan sudah beroperasi dengan baik. Sehingga saat mulai berjalan, tidak akan ditemukan masalah apapun, performa kapal juga dalam keadaan prima. Kami berharap jika sudah lulus dari uji coba tersebut, PERTAMINA PRIME dapat beroperasi dan melaksanakan tugasnya bersama PERTAMINA PRIDE menjadi urat nadi yang menyalurkan energi untuk negeri” ujar I Putu Puja Astawa, Director of Fleet Management PT Pertamina International Shipping.

Seperti halnya VLCC PERTAMINA PRIDE, Kapal kedua ini pun memiliki kapasitas 2 juta barel yang merupakan single screw driven single deck type crude oil tanker dengan panjang keseluruhan (LOA) 330 meter dan draft 21.5 meter. Di mana, kapal ini dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan feedstock kilang yang dijalankan oleh Subholding Refinery & Petrochemical Pertamina.

Berbagai keunggulan dimiliki oleh kedua kapal milik Pertamina International Shipping (PIS) diantaranya adalah menggunakan teknologi Super Stream Duct ® pada desain kapal sehingga membuat performa VLCC PERTAMINA PRIME memiliki kecepatan trial sebesar 16.9 knot. Selain itu, kapal VLCC mutakhir ini juga telah memenuhi requirement terminal modern di dunia dan regulasi internasional yaitu IMO Annex VI Tier III yang berguna untuk pembatasan emisi gas buang Sulphur Oxide (SOx) dan Nitrogen Oxide (NOx).

Serah terima kapal “PERTAMINA PRIME” akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2021 di Galangan JMU Ariake, Jepang.

Tentang PT Pertamina International Shipping (PIS)

PT PIS merupakan Subholding Company dari PT Pertamina (Persero) yang didirikan sebagai perusahaan dengan visi “Perusahaan Shipping terkemuka di Asia, mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia”. Untuk merealisasikan visi perusahaan yang terus tumbuh-berkembang tersebut, PIS mencanangkan misi sebagai agen pembangunan ekonomi Indonesia dengan operasi yang aman dan berkelanjutan dan menjadi mitra maritim terpercaya dan andal, serta menciptakan nilai bagi para pemangku kepentingan dalam menjalankan bisnisnya. (fan)

baca juga :

Muncul Nama Baru Skandal Harun Masiku

Redaksi Global News

Pemilu 2024: Cawapres Imin Hadiri Pawai DPC PKB Sidoarjo

Redaksi Global News

Buka Seleksi, Pemprov Jatim Segera  Isi 18 Kekosongan Jabatan Pimpinan Tertinggi Pratama

Titis Global News