Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Tingkatkan Keandalan Listrik, 506 Personel Kembali Serentak Gerebek Penyulang 20 KV

Para personel pegawai & petugas pelayanan teknik yang terbagi ke dalam 120 regu menggelar apel sebelum melakukan gerebek penyulang.

SURABAYA (global-news.co.id)  – 16 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) kembali lakukan gerebek penyulang sebagai langkah antisipasi menghadapi anomali cuaca selama dua hari berturut – turut, Sabtu dan Minggu (13-14/3/2021).

Selain itu kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan keandalan aliran listrik pada  jaringan distribusi 20 KV yang tersebar di seluruh wilayah kerja PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur.

Sejumlah 506 personel pegawai & petugas pelayanan teknik yang terbagi ke dalam 120 regu, serentak melakukan gerebek penyulang didukung dengan armada pendukung berupa 90 unit kendaraan pickup, 32 unit kendaraan truk & 11 unit skylift.

“Kegiatan gerebek penyulang ini merupakan kegiatan rutin namun pada saat kondisi anomali cuaca seperti ini, perlu extra time pelaksanaan sebagai langkah preventif, ” tutur Senior Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Adriansyah dalam siaran resmi yang diterima, Minggu (14/3/2021).

Adriansyah menambahkan gerebek penyulang difokuskan pada upaya percepatan pengamanan Right of Way (ROW) minimal 3 meter pada jaringan distribusi berupa perabasan dahan, potong dan tebang pohon di sekitar jaringan listrik 20 KV yang berpotensi besar menyebabkan gangguan pasokan listrik. Diharapkan, dengan dukungan dari segenap personel & armada yang tersedia, sebanyak 737 pohon dapat dilakukan potong & tebang, sehingga setidaknya sepanjang 115,8 kms (kilometer sirkuit) jaringan distribusi dari 55 penyulang di seluruh UP3 dapat terbebas dari potensi gangguan akibat tumbuhan. Selain itu, dilakukan juga pemeliharaan konstruksi dan gardu beton serta pemeliharaan preventif pemasangan seng anti panjat binatang.

“Keandalan adalah pondasi dari Transformasi PLN. Keandalan hanya bisa dicapai dengan kerja keras menjaga ROW, sejauh ini Pamekasan menjadi yang terbaik dalam pencapaian potong & rabas pohon. Hal ini jangan menjadikan lengah karena masih sering terjadi gangguan, untuk itu mari terus melakukan inovasi seperti penghalang binatang dll. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan dan patuhi SOP K3 serta protokol Covid-19,” ungkap MUP3 Pamekasan Firman Raharja saat memberikan arahan pada apel gerebek penyulang di ULP Pamekasan.

Pada musim penghujan seperti saat ini, anomali cuaca yang menyebabkan terjadi hujan dan angin kencang tidak jarang terjadi, sehingga potensi gangguan listrik akibat cuaca anomali pun semakin besar. Oleh karena itu, tak hanya upaya pencegahan yang dilakukan oleh PLN, masyarakat pun diharapkan turut berpartisipasi dengan melaporkan potensi penyebab gangguan kelistrikan seperti pohon atau benda apapun lainnya yang mengenai jaringan kepada PLN melalui Contact Center PLN 123 maupun melalui aplikasi PLN Mobile. tis

baca juga :

Ciptakan Sistem Deteksi Osteoporosis, Raih Doktor ITS di Usia 24 Tahun

Redaksi Global News

Setelah Jeff Bezos-MacKenzie, Kini Giliran Bill dan Miranda Bercerai

gas

DKI PSBB Total, Satgas Covid-19 Tegaskan Kita Harus Terima Kenyataan

Redaksi Global News