Global-News.co.id
Mataraman Utama

Pemdes Didorong Kembangkan Potensi Desa

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk mendorong kepada semua pemerintahan desa untuk mengembangkan potensi desa.

NGANJUK (global-news.co.id) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk mendorong kepada semua pemerintahan desa untuk mengembangkan potensi desa. Untuk mensuksesakan program tersebut, Dinas PMD menggelar Training of Trainers (ToT) BUMDes Development Service.

Acara yang digelar di Aula Praja Dinas PMD Kabupaten Nganjuk secara berkala, yakni Kamis (25/3/2021), Selasa (29/3/2021) dan juga Rabu (31/3/2021). “Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Pemkab kepada Pemdes dalam mengelola BUMDes,” terang Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk Haris Jatmiko, Rabu (31/3/2021).

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini juga bisa menjadi masukan bagi pemdes dalam memanfaatkan potensi yang ada di desa. Hal ini masuk dalam program BUMDes Model Canvas, untuk merencanakan dan mengevaluasi BUMDes. Kemudian, BSC BUMDes, merupakan alat untuk mengukur kinerja BUMDes.

Selain itu, Sistem Informasi Akuntansi BUMDes, merupakan aplikasi tata kelola keuangan BUMDes berbasis Cloud ERP atau online yang terintegasi. Mulai dari BUMDes, desa, kecamatan dan Dinas PMD. “Desa membutuhkan aplikasi akuntansi dengan mudah disediakan dengan cepat dan disertai panduan,” tuturnya.

Terakhir, PMD memberikan pendamping desa yang selalu mendukung dan memberi layanan pembelajaran serta konsultasi ke desa maupun BUMDes. “Sistem, alat dan SDM pendukung adalah formula Dinas PMD Kabupaten Nganjuk dalam melayani bertumbuh kembangnya BUMDes,“ pungkasnya. isk

baca juga :

Makkah Hujan, Ribuan Jamaah Haji Bersyukur dan Tetap Tawaf

Redaksi Global News

Pimpinan DPRD Dukung SCN Kembangkan Ekonomi Kreatif di Surabaya

Redaksi Global News

Gempuran Artileri di Kharkiv Tewaskan 18 Orang

Redaksi Global News