Global-News.co.id
Mataraman Utama

Istri Bupati Nganjuk Ajak Warga Manfaatkan Tanah Pekarangan

Istri Bupati Nganjuk, Hj Yuni Rahma Hidayat mengajak warga memanfaatkan tanah pekarangan agar dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri.

NGANJUK (global-news.co.id) – Mahalnya sejumlah komoditas pangan bisa disiasati. Caranya dengan memanfaatkan tanah pekarangan dengan menanami aneka tanaman maupun untuk memelihara ikan untuk lauk. Dengan pola ini kebutuhan pangan dapat terpenuhi secara mandiri.

Saat ini, pemerintah tengah menggalakkan program Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP). Adapun pelaksananya adalah PKK. Guna memastikan program tersebut berjalan optimal di Kabupaten Nganjuk, Ketua TP-PKK Kabupaten Nganjuk Hj Yuni Rahma Hidhayat berkesempatan mengunjungi Desa Kalianyar Ngronggot, Jumat (19/3/2021).

Setibanya di sana, Mbak Yuni -panggilan karib Hj Yuni- berkesempatan meninjau pekarangan milik Ibu Wahid. Kesan pertama di sana adalah rindang dan asri. Mbak Yuni juga melihat tanaman belimbing yang tengah berbuah dan berukuran besar. “Kelihatannya segar,” kata istri Bupati Novi Rahman Hidhayat tersebut.

Kemudian, Mbak Yuni berkesempatan berkeliling di sisi lain pekarangan. Pada pekarangan yang terletak di belakang rumah tersebut, nampak berbagai tanaman tumbuh subur. Mulai tanaman pisang Cavendish yang ditumpang sari dengan sayuran cabai, tanaman obat keluarga alias toga, maupun berbagai tanaman hias lain di berbagai sudutnya.

Dari situ, Mbak Yuni langsung terkesan. Ia mengajak warga dan pengurus PKK yang hadir untuk meniru Ibu Wahid yang memanfaatkan pekarangannya untuk ditanami buah-buahan, toga maupun tanaman hias. “Kalau matang tinggal petik. Jadi tidak perlu beli,” imbuhnya.

Selain meninjau PTP, Mbak Yuni juga berpesan agar sinergitas pemerintah dan PKK untuk terus dipupuk. Apalagi, PKK merupakan mitra yang siap mendukung suksesnya pembangunan dan aktif menggerakkan masyarakat.

“Kita bangun peran dari bawah ke atas ke seluruh pihak untuk ikut aktif. Seperti salah satunya kampanye PTP ini. Ibu Wahid bisa jadi contoh. Atau kalau bisa ikut menularkan ilmu. Agar pekarangan bisa dimanfaatkan lebih produktif,” katanya menutup acara yang dilanjutkan dengan panen belimbing bersama-sama tersebut. isk

baca juga :

Angka Kemiskinan di Kota Surabaya Terus Menurun

Redaksi Global News

Bupati Gresik Siapkan Dana Rp150 Miliar dan Bebaskan Retribusi Pedagang Pasar

Redaksi Global News

Rusia Stop Kontrak Pasokan Gas ke Belanda, Denmark dan Jerman