Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Dukung Percepatan Industri Halal, Bank Jatim Siap Fasilitasi Pembiayaan Konsumen KIH

Bank Jatim melalui Unit Usaha Syariah (UUS) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan PT Makmur Berkah Amanda Tbk, Selasa (30/3/2021).

SURABAYA (global-news.co.id) – Dalam rangka pengembangan industri Halal di Jawa Timur, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) bekerjasama dengan PT Makmur Berkah Amanda Tbk. mendukung percepatan operasional Kawasan Industri Halal (KIH) melalui penyediaan fasilitas pembiayaan kepada konsumen Halal Industrial Park Sidoarjo.

Bertempat di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Bank Jatim melalui Unit Usaha Syariah (UUS) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan PT Makmur Berkah Amanda Tbk.

Penandatanganan PKS dilakukan secara langsung oleh Direktur Keuangan Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha dan Direktur Utama PT Makmur Berkah Amanda Tbk Adi Saputra Tedja Surya yang disaksikan oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Sekdaprov Jawa Timur Jumadi dan Sekda Kab. Sidoarjo Ahmad Zaini, Selasa (30/3/2021)

“Sudah saatnya IKM memiliki breeding di kawasan industri halal yang terintegrasi sehingga transformasi ekonomi di Jawa Timur semakin berkembang,”kata Jumadi.

Seperti diketahui sebelumnya, Kementerian Perindustrian telah menetapkan Sidoarjo sebagai salah satu KIH di Jawa Timur. Dengan luas area 148 hektare dari total luas area sebesar 410 hektare, KIH Sidoarjo yang lebih dikenal dengan nama SAFE and LOCK Halal Industrial Park (HIP) dikembangkan oleh PT Makmur Berkah Amanda Tbk dan saat ini masih dalam tahap awal pembangunan.

Kehadiran industri halal yang diharapkan dapat menjadi tulang punggung tumpuan bisnis masa depan dirasa sangat penting mengingat Indonesia memiliki populasi muslim terbesar di dunia.

Dalam sambutannya, Ferdian menyampaikan untuk memberikan kemudahan bagi para Industri Mikro Kecil Menengah (IMKM) agar dapat segera beroperasi di kawasan tersebut.  Bank Jatim siap memberikan fasilitas pembiayaan kepada konsumen Halal Industrial Park Sidoarjo. “Dengan adanya fasilitas pembiayaan dari Bank Jatim, diharapkan IMKM Jawa Timur dapat menggunakan kawasan Halal Industrial Park Sidoarjo sehingga usahanya dapat berkembang dengan pesat. Selain itu diharapkan juga kapasitas produksi dari produk halal Indonesia bisa meningkat secara signifikan & terintegrasi, semakin berkualitas, serta berdaya saing global” ujar Ferdian.

Dijelaskan Ferdian, untuk menunjang peningkatan nilai tambah dari produk IMKM, nantinya akan dibangun sarana & prasarana one stop solution dari proses produksi sampai dengan pemberian sertifikasi halal. Hadirnya kawasan ekonomi khusus serta kemudahan proses sertifikasi halal tentunya menjadi kunci perkembangan KIH di Indonesia. Dengan adanya industri halal, pemerintah juga berharap perbankan dapat memberikan dukungan kepada IMKM sehingga nantinya produk – produk tersebut bisa diekspor ke pasar global sebagai salah satu wujud pemulihan ekonomi nasional.

Melalui kegiatan Gathering IKM bertemakan “Peranan Kawasan Industri Halal dalam Menuju Jatim Bangkit” yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian & Perdagangan Jawa Timur serta Penandatanganan PKS antara Bank Jatim dengan PT Makmur Berkah Amanda Tbk, diharapkan dapat mempercepat operasional dan pemenuhan fasilitas pendukung di kawasan Halal Industrial Park Sidoarjo. Selain itu, diharapkan juga IMKM Jawa Timur dapat segera menggunakan dan mengisi Kawasan Halal Industrial Park Sidoarjo agar semakin tumbuh & berkembang sehingga menarik investor global untuk menjadikan Indonesia sebagai Global Hub produk halal dunia. tis

baca juga :

Bantu Tingkat Kesejahteraan Masyarakat, Bank Jatim Salurkan CSR ke Pemkab Banyuwangi

Redaksi Global News

Masyarakat Bisa Pantau Langsung Progres Pembangunan di Sidoarjo Lewat Aplikasi E-Kenda

gas

Bahas Perkembangan Ekonomi Digital, FKDK BPDSI Sukses Digelar

Redaksi Global News