Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Difasilitasi SIG, 28 UMKM Belajar Berjualan Menggunakan Platform Digital

General Manager of CSR Edy Saraya pada acara pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pujasera Wisma A Yani di Warung Lagend Gresik.

GRESIK (global-news.co.id) – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui program SIG-Mandiri bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Gresik menyelenggarakan pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berjualan di Pujasera Wisma A Yani Gresik.

Pelatihan peningkatan SDM untuk UMKM diselenggarakan di Warung Legend Gresik, diikuti oleh 28 pedagang. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Senin (21/3/2021) sampai dengan Rabu (24/3/2021). Pelatihan meliputi tatacara pelayanan kepada pelanggan, pengemasan produk, pembukuan sederhana, pengelolaan keuangan, pemantapan rohani serta cara berjualan dengan menggunakan platform digital.

General Manager of CSR SIG Edy Saraya mengatakan, peningkatan SDM bagi UMKM ini sangat penting. Sebab, saat ini teknologi terus berkembang, sehingga UMKM harus ikut berinovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

“UMKM binaan SIG juga diharapkan dapat terus berinovasi, mulai dalam hal pelayanan, kemasan, tempat dan penyajiannya. Para pelaku UMKM dilatih untuk bisa menembus ke pasar modern, kemudian go digital, sehingga mampu menangkap peluang penjualan yang lebih luas”, kata Edy Saraya, Jumat (26/3/2021).

Selain memberikan pelatihan, SIG juga melakukan renovasi lokasi penjualan di Pujasera Wisma A. Yani menjadi tempat yang kekinian. Harapannya, dengan penataan ini, bisa meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan dan meningkatkan jumlah pengunjung, sehingga dapat menambah pendapatan bagi UMKM.

“Kami ingin pujasera ini menjadi ikon kuliner kota Gresik, di sini pembeli dapat makan maupun bertemu dengan kolega dengan suasana yang nyaman,” kata Edy Saraya.

Pelatihan peningkatan SDM untuk UMKM ini disambut baik oleh pedagang, salah satunya Siti Mariyani, pemilik usaha warung pecel. “Pelatihan ini dapat menambah wawasan bagi saya dan teman-teman, terutama untuk cara berjualan secara online. Semoga pelanggan kami dapat bertambah sehingga dapat menambah pendapatan,” ujar Siti Mariyani. tis

baca juga :

Warga Mariupol Ukraina Dipaksa Pergi ke Rusia

Redaksi Global News

Liga 1: Cedera Pulih, Victor Siap Tampil Lawan Barito Putera

Korupsi Pelepasan Aset PT PWU, Wisnu Wardhana Divonis 3 Tahun

Redaksi Global News