Global-News.co.id
Madura Utama

Bupati Baddrut Tamam Dukung Provinsi Madura Untuk Kesejahteraan Bukan Kekuasaan

Bupati Baddrut Tamam dalam Sarasehan Pemuda Muhammadiyah Pamekasan.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menegaskan dirinya sangat setuju dan mendukung penuh keingingan membentuk Provinsi Madura jika tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Akan tetapi dia tidak setuju jika keinginan pembentukan itu tujuannya untuk orientasi kekuasaan.

Baddrut Tamam mengungkapkan hal itu saat menjadi pembicara dalam Sarasehan Kepulauan bertema Madura Menjadi Provinsi, layak atau tudak? yang digelar oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Pamekasan, di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Kamis (3/3/21).

Selain Baddrut Tamam yang juga menjadi pemateri dalam sarasehan tersebut adalah Slamet Hariyadi anggota DPR RI Daerah Pemilihan Wilayah Madura, Sekretaris MUI Pamekasan Drs Imam Santoso dan Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Pamekasan Hudan Nasihin.

“Mengelola sebuah daerah tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, jabatan dan kursi kepemimpinan bukan tujuan. Kalau provinsi ini strategi kesejahteraan saya pasti setuju, tetapi kalau provinsi ini strategi kekuasaan, saya tidak setuju. Karena jabatan bagi saya bukan tujuan,” katanya.

Dia lalu mencontohkan dirinya menjadi Bupati Pamekasan. Ditegaskannya kursi bupati yang ditempatinya bukan tujuan, akan tetapi hanya alat membawa kabupaten ini menjadi kabupaten yang bersaing dengan kabupaten maju di Indonesia dengan membangun management pemerintahan baru dengan habit baru pula.

Membangun dan pemerintahan dengan habit baru, kata dia, akan banyak kendala. Sebagai pemimpin harus menerima sebagai konsekuensi, sehingga kesetiakawanan dan etos daerah Madura perlu ditingkatkan bersama untuk mengetahui arah jalan yang dituju, bekal yang dibutuhkan sehingga bisa bersaing dengan daerah lain yang hebat.

Dia mengatakan Madura memiliki potensi yang luar biasa untuk kemajuan dirinya. Dengan berpondasikan etos Madura dalam membamgun yakni berpondasikan local wisdom “Bhepak Bebhuk Guru Rato”, kemudian ditambah dengan kecerdasan dan inovasi, ditambah lagi dengan semangat kepemimpinan Rasulullah Muhammad yakni Siddiq Amanah Tabligh Fatonah.

“Kalau strategi ini dilakukan oleh kita semua, kemudian menepis beberapa orang yang paham salah dan salah paham, insya Allah kita akan luar biasa. Kalau ini bisa kita laksanakan, provinsi hal kecil, provinsi bukan hanya sekedar provinsi tetapi provinsi yang bisa terus bersaing dengan provinsi yang maju di Indoensia dan bahkan didunia,” tandasnya.

Potensi ekonomi yang dimiliki Madura sangat luar biasa. Baik melalui provinsi atau tidak menjadi provinsi, jika potensi itu bisa dikembangkan dengan baik maka akan menjadikan Madura maju dan sejahtera.

“Menjadi provinsi itu soal berikutnya. Yang paling penting sekarang bagaimana Madura maju dan bisa sejahtera dan makmur,” ucapnya.

Selain memiliki potensi sumberdaya alam yang baik, kata Baddrut Tamam, menilai Madura juga memiliki potensi luar biasa dibidang etos dan semangat kerja. Istilah Bhepak Bhebuk Guru Rato, adalah etos luar biasa orang Madura.

“Banyak orang Madura merantau ke luar daerah yang sukses pulang bawa harta yang banyak, itu indicator bahwa orang Madura ini etosnya kerjanya, semangat juangnya luar biasa,” katanya. (mas)

baca juga :

Guru Besar Unair Dorong Perkuat Kekebalan Tubuh dengan Empon-empon

Redaksi Global News

SEA Games 2021: Indonesia Gusur Singapura dari Peringkat Ketiga

Liga 1: Permintaan Pelatih, Persija Lepas Makan Konate