Global-News.co.id
Malang Raya Utama

Alokasi Dana Hibah Pemprov Jatim Rp 1,257 T, Gubernur Khofifah Pesan Pastikan Utuh Tersalurkan

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menghadiri Sosialisasi Bantuan Hibah Tahap II Pemprov Jatim tahun 2021 di Hotel Savana Kota Malang, Senin (29/3) malam.

MALANG (global-news.co.id) – Pemprov Jatim mengalokasikan anggaran hibah sebesar Rp 1,257 triliun dan siap dicairkan pada 2021 ini. Bantuan hibah tersebut digunakan untuk pembangunan tempat peribadatan, lembaga pendidikan dan juga kegiatan untuk kelompok masyarakat untuk irigasi tersier dan lain-lain.

Guna memperlancar penyaluran bantuan hibah Provinsi Jatim, Pemprov Jatim mengadakan Sosialisasi Bantuan Hibah Tahap II Pemprov Jatim Tahun 2021 di Hotel Savana Kota Malang, Senin (29/3/2021) malam.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menekankan pada seluruh pihak yang bersangkutan dalam penyaluran dana hibah, baik ke calon penerima maupun jajaran Pemprov Jatim terkait,  bahwa dana hibah harus dipastikan tersalurkan utuh ke masyarakat.

Ia mewanti, jika ada tanda-tanda tindakan penyelewengan oleh siapapun oknum, agar segera dilaporkan langsung pada aparat hukum. Hal itu penting, agar pembenahan sistem penyaluran hibah terjaga dan mendatangkan manfaat maksimal bagi masyarakat.

“Ini pertama kalinya saya hadir dalam sosialisasi bantuan hibah. Karena saya ingin memastikan bahwa hibah dari Pemprov Jatim utuh tanpa terkurangi, semua tersalurkan ke masyarakat. Karena saya sempat mendengar ada yang tidak utuh menerimanya. Saya minta ke depan hak  itu tidak terjadi lagi,” kata Khofifah.

Total tahun ini ada sebanyak 4.638 penerima bantuan hibah Pemprov Jatim yang akan dicairkan tahun 2021 ini. Mereka telah terseleksi dan terverifikasi dari total 10 ribu lebih yang mengajukan bantuan hibah.

Ada pun jumlah tersebut meliputi perbaikan dan pendirian sarana peribadatan sebanyak 657 bangunan, atau setara dengan Rp 157,3 miliar, lembaga pendidikan sebanyak 2.988 bangunan dari jenjang SD hingga SMA dan Pondok Pesantren setara Rp 770,8 miliar. Lalu kelompok masyarakat dan lembaga/organisasi masyarakat sebanyak 993 organisasi atau setara Rp 329,5 miliar.  “Jangan ada pemotongan. Karena selain itu melanggar ketentuan juga  pasti mengurangi kuantitas dan kualitas.  Saya pesan jaga amanah ini,” tegas Khofifah.

Ia menyebutkan jika sampai ada oknum yang terindikasi melakukan pemotongan dana hibah, ia meminta agar segera dilaporkan dengan detail dan jelas. Ia berjanji akan melindungi privasi pelapor  agar  pemotongan dana hibah tidak  terjadi lagi.  “Saya akan jaga privasi jenengan. Silakan laporkan detail. Jangan buat surat kaleng. Dengan begitu pengawasan akan lebih  maksimal,” katanya.

Lebih lanjut Khofifah menyampaikan, sosialisasi bantuan hibah ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan terkait dengan persyaratan calon penerima hibah. Termasuk proses pencairan dan penyusunan laporan pertanggungjawabannya.

“Tujuannya ialah dalam rangka tertib penyaluran, pemanfaatan dan  pertanggungjawaban atas dana bantuan hibah dari Pemprov Jatim tahun 2021,” kata Khofifah.

Peserta dijelaskan terkait prosedur dan persyaratan pendirian sarana peribadatan dan izin operasional lembaga pendidikan keagamaan. Selain itu juga ada penyusunan rencana anggaran biaya, penyusunan laporan pertanggung jawaban, serta pengarahan kewajiban perpajakan atas penggunaan dana hibah dan aspek hukum pemberian hibah kepada penerima hibah.

Peserta sosialisasi bantuan hibah Pemprov  Jatim tahun 2021 tahap kedua tersebut diikuti 250 orang dari kabupaten dan kota se-Jawa Timur.

Mereka terdiri dari pimpinan Pondok Pesantren, Ketua Lembaga Pendidikan Keagamaan maupun Pendidikan Umum, Ketua Organisasi Kepemudaan, Ketua Kelompok Masyarakat dan Organisasi Sosial Lainnya.

Adapun narasumber yang menyampaikan berasal dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jatim, Dinas Permukiman Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jatim, Inspektorat Provinsi Jatim, Direktorat Jenderal Pajak Jatim, Kejaksaan Tinggi Jatim dan Bank Jatim Cabang Kota Malang. fan

baca juga :

Piala Dunia U-17: Jerman Lolos ke Final Setelah Duel Panas Lawan Argentina

Redaksi Global News

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Pelatih Filipina Mengaku Sangat Tertekan Jelang Lawan Indonesia

Redaksi Global News

Soal Asisten Muda Walikota, Ketua DPRD Surabaya Nilai Harus Jadi Solusi bagi Pemuda

Redaksi Global News