Global-News.co.id
Mataraman Utama

Pemkab Nganjuk Siapkan Vaksinasi Covid Pelayan Publik, Tersebar di 20 Puskesmas, 5 Rumah Sakit dan 1 Klinik DKT

Dok GN
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang digelar Pemkab Nganjuk beberapa waktu lalu.

NGANJUK (global-news.co.id) – Pemkab Nganjuk berencana melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi pelayan publik, Jumat (26/2/2021).  Vaksinasi ini akan dilaksanakan dengan jumlah sasaran sebanyak 8.300 orang pelayan publik yang tersebar di 20 Puskesmas, 5 Rumah Sakit dan 1 Klinik DKT di Kabupaten Nganjuk.

Rincian pelayan publik tersebut antara lain TNI, Polri, Wakil Rakyat, Pejabat Pemerintah, ASN, Guru, THL, Aparat Hukum (Kejaksaan, Pengadilan, Rutan), Tokoh Agama, Petugas Stasiun/ Terminal, Petugas Perbankan, Petugas Perusahaan Listrik Negara (PLN), Petugas POS, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), serta petugas lain yang terlibat secara langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

TNI dan Polri, serta kelompok pekerja keamanan lain menjadi prioritas Pemkab Nganjuk karena memiliki peran penting dalam membantu meningkatkan proses tracing atau penelusuran kontak sehingga Pemkab dapat segera menentukan langkah-langkah yang diperlukan sejak dini untuk menurunkan laju penyebaran virus.

Selain itu, Pemkab Nganjuk juga memprioritaskan vaksinasi untuk guru agar membantu murid-murid yang tidak dapat belajar secara daring dikarenakan sejumlah keterbatasan, dapat segera melakukan proses belajar dan mengajar secara tatap muka.

Perlu untuk diketahui bahwa vaksinasi bagi pelayan publik ini dijadwalkan akan dilaksanakan mulai pukul 08.00 – 11.00 dan peserta vaksinasi diharuskan mengisi form skrining terlebih dahulu sebelum pelaksanaan vaksin.  “Kita menargetkan pelaksanaan vaksinasi bagi pelayan publik ini sampai 3 Maret 2021 dan untuk tenaga vaksinator sudah siap semua, karena sudah ada pelatihan vaksinator sebelumnya,” tutur  Kasie Surveilans dan Imunisasi Yunlia Vidiarti, SKM, Kamis (25/2/2021).

Tahapan vaksinasi kali ini, kata Yunlia tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Calon penerima vaksin akan melakukan registrasi dan pengecekan kesehatan terlebih dahulu.  “Jika lolos, bisa langsung melakukan vaksinasi. Setelah selesai, penerima vaksin akan langsung diobservasi,” katanya.

Kepala Dinas Kominfo Kab Nganjuk Slamet Basuki AP menjelaskan ASN menjadi menjadi salah satu pejabat yang mendapatkan jadwal vaksinasi perdana bagi pelayan publik Pemkab Nganjuk. Hal ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 yaitu dengan menempatkan pelayan ublik sebagai salah satu prioritas penerima vaksinasi.

“Ini merupakan langkah bagus untuk Pemkab Nganjuk. Pelayan publik merupakan representasi Pemkab dalam melayani masyarakat. Pelayan publik tentunya selalu berinteraksi dengan masyarakat,” pungkasnya. roy

baca juga :

Kolaborasi dengan Bank Sumut, BNI Usung Orange Synergy

Redaksi Global News

Unggah di Akun FB, Sandiaga Uno Ikut Promosikan Batik Tulis Pamekasan

gas

Sengit, Trump Coba Susul Biden

Redaksi Global News