Global-News.co.id
Indeks Pendidikan Utama

Bantu Edukasi Anak, Dosen Farmasi Unair Ciptakan Komik Petualangan Si Acil

Komik Petualangan Si Acil ciptaan Dosen Farmasi Unair.

 

SURABAYA (global-news.co.id)  – Komik merupakan salah satu jenis buku yang digemari oleh anak. Tokoh komik yang lucu, cerita yang menarik, bahkan tampilan komik yang penuh warna menjadi alasan komik menjadi kesukaan anak.

Selain sebagai sarana hiburan, siapa sangka jika ternyata komik juga bisa digunakan sebagai sarana edukasi kepada anak. Melihat potensi itu apt. Khoirotin Nisak SFarm, MFarm menciptakan komik Petualangan Si Acil sebagai media edukasi kepada anak tentang obat-obatan.

“Sebenarnya komik ini adalah hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat. Di mana konsepnya adalah memberikan edukasi tentang obat, namun sasarannya anak Sekolah Dasar (SD),” ujar dosen Fakultas Farmasi Universitas Airlangga tersebut dalam rilisnya, Selasa (16/2/2021).

“Anak usia SD merupakan harapan bangsa. Diharapkan dengan memberikan edukasi sedini mungkin akan memberikan gambaran perihal kesehatan atau cita-cita yang dapat mereka raih ke depan,” imbuhnya.

Dalam komik tersebut, sosok Acil diceritakan sebagai apoteker cilik yang memiliki pengetahuan tentang obat-obatan. Acil juga merupakan sosok yang ceria dan mempunyai misi untuk memberikan informasi kepada masyarakat perihal obat-obatan. Tentu ia tidak sendiri, ada tokoh lain yang turut membantu Acil menjalankan misinya.

Komik itu selain sebagai sarana edukasi juga bisa digunakan sebagai sarana mendekatkan orangtua kepada anak dan sebagai sarana pembelajaran yang menyenangkan. “Komik ini cocok untuk anak baik yang sudah bisa membaca atau tidak. Jika belum bisa membaca, bisa digantikan orangtua yang membacakannya kepada anaknya bahkan komik ini juga bisa digunakan oleh guru atau penyampai lain sebagai materi edukasi kepada anak,” jelasnya.

Uniknya komik tersebut diciptakan dengan isi yang masih relevan untuk beberapa tahun ke depan. Dengan komik itu, anak bisa mendapatkan pengetahuan umum mengenai obat dengan menyenangkan.

“Komik ini isinya masih relevan untuk beberapa tahun ke depan karena berisi pengetahuan umum seputar obat yang bisa dipelajari kapan saja oleh murid kelas 1 sampai 6 SD dengan cara yang menyenangkan,” pungkasnya.

Komik Petualangan Si Acil yang dirilis pada Maret 2020 tersebut bisa diakses melalui google playbook. Halamannya berjumlah 15 halaman.  tri

baca juga :

Marco Gracia Paulo Tak Lagi Dirut, PSS Rombak Direksi

Redaksi Global News

Penyanyi Pinkan Mambo Diperiksa Polda Jatim

Redaksi Global News

SEA Games 2023: Gilas Singapura, Bulutangkis Beregu Putra Indonesia ke Final