Global-News.co.id
Indeks Malang Raya Utama

Warga Hilang Terseret Longsor, Walikota Malang Minta Pembangunan Permukiman Tak Asal

Istimewa
Longsor menimpa sebuah rumah di Perumahan Griya Sulfat Inside Kavling 10, Jalan Sadang, RT09 RW18, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

MALANG (global-news.co.id) –  Warga yang hilang saat longsor menimpa sebuah rumah di Perumahan Griya Sulfat Inside Kavling 10, Jalan Sadang, RT09 RW18, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang hingga Selasa (19/1/2021) belum ditemukan.

Pemilik rumah, Roland Sumarna (40), dilaporkan hilang terseret arus Sungai Bango. Saat itu, korban hendak menyelamatkan motor yang terperosok ke sungai, nahas korban justru ikut terbawa longsor.

“Satu korban sampai saat ini belum bisa ditemukan. Kita mohon doa, semoga korban segera bisa ditemukan. Nanti akan ada penyisiran di beberapa titik,” kata Walikota Malang Sutiaji, Selasa (19/1/2021).

Menurut dia, peristiwa ini merupakan kejadian luar biasa lantaran disebabkan oleh hujan yang cukup lebat dan durasi yang cukup lama. Imbasnya, debit air Sungai Bango meluap.

Sutiaji pun meminta seluruh pengembang perumahan untuk memperhatikan keselamatan penghuninya. Sehingga kejadian serupa tidak terulang.

Ia menegaskan, pembangunan permukiman tidak boleh asal. Sebab jika bersebelahan dengan sungai, pada suatu waktu berpotensi menimbulkan banjir besar. “Kalau banjir besar seperti ini, terjadi longsor. Kalau taat pada aturan seharusnya tidak ada bangunan yang masuk pada wilayah-wilayah yang seharusnya tidak dibangun. Sekali lagi, sekarang banyak bangunan yang ada di bibir sungai, real estate, dan itu banyak dikelola profesional, pengembang,” imbuhnya.

Untuk diketahui Roland Sumarna, dilaporkan hilang terseret arus Sungai Bango, Senin (18/1/2021) petang. Pria 40 tahun itu dilaporkan hilang di depan rumahnya di Perumahan Sulfat Inside, Jalan Sadang RT09/RW18, Bunulrejo, Blimbing, Kota Malang.

“Yang bersangkutan berusaha menyelamatkan motornya, namun terpeleset, dan terbawa arus, masuk ke Sungai Bango,” kata Kepala BPBD Kota Malang Alie Mulyanto.

Berdasarkan laporan BPBD, Kota Malang diguyur hujan lebat sekitar pukul 17.30. Akibatnya terjadi longsor di depan rumah korban Roland yang bersebelahan dengan Sungai Bango.

Longsor tersebut pun mengakibatkan motor korban terperosok ke Sungai Bango. Saat ingin menyelamatkan motornya, korban justru ikut terbawa longsor. nan, med

baca juga :

HUT KORPRI ke-49, Khofifah Ajak Anggota Terus Berinovasi

Redaksi Global News

Libur Imlek, Pemerintah Batasi Mobilitas ASN

Titis Global News

Delegasi Cendikiawan dan Ulama Jatim serta Pendiri YHMCHI Hadiri Konferensi Zheng He Ke-4 di Pakistan

Redaksi Global News