Global-News.co.id
Indeks Kesehatan Utama

Vaksin Corona Pfizer Dapat Izin Penggunaan Darurat dari WHO

Vaksin Corona buatan buatan Pfizer dapat izin penggunaan darurat dari WHO.

JAKARTA (global-news.co.id) — Kabar baik di tengah lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) memberikan izin penggunaan darurat vaksin corona buatan Pfizer,  Kamis (31/12/2020).

WHO menyatakan izin tersebut dapat memberi akses bagi suatu negara untuk mempercepat penyusunan aturan terkait proses impor dan penyediaan vaksin tersebut.

“Ini juga memungkinkan UNICEF dan Organisasi Kesehatan Pan Amerika untuk melalukan pengadaan vaksin untuk didistribusikan kepada negara-negara yang membutuhkan,” terang WHO seperti dilansir CNN.

WHO melakukan penilaian sendiri atas keamanan dan tingkat kemanjuran (efikasi) vaksin buatan perusahaan asal Amerika Serikat itu. Dengan masuk ke daftar penggunaan darurat, Pfizer akan melanjutkan pengumpulan data terkait vaksin dan membaginya dengan WHO.

Lebih lanjut, Dewan Penasihat WHO akan menggelar pertemuan pada 5 Januari 2021 mendatang untuk merancang rekomendasi untuk distribusi vaksin kepada penduduk.

Sebagai informasi, Pfizer bekerjasama dengan BioNTech dalam memproduksi vaksin corona. Efikasi vaksin Pfizer diklaim mencapai 90 persen.

Kendati demikian, vaksin Pfizer harus disimpan dalam suhu beku minimal minus 70 derajat celcius. Hal ini menyebabkan distribusi vaksin tersebut membutuhkan perhatian ekstra, terutama di negara tropis. cnn

baca juga :

Arumi Semangati UKM untuk Ekplorasi Potensi Produk Daerah

Cabor Atletik Salah Satu Andalan Jatim, Nurhasan Yakin On Target di PON XX

Redaksi Global News

Kemenpora Dorong Pemuda Raih Indonesia Emas 2045

Redaksi Global News