Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Penyelam TNI AL Temukan Black Box Sriwijaya Air SJ-182

Istimewa
Black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182 ditemukan.

JAKARTA (global-news.co.id) –  Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Armada I TNI AL berhasil menemukan kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Black box pesawat rute Jakarta-Pontianak yang hilang kontak pada Sabtu siang (9/1/2021) itu petang tadi sedang dibawa menuju darat.

Barang yang berisi rekaman suara ini akan dibawa ke dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta.

Penemuan black box ini diharapkan bisa mengungkap misteri penyebab jatuhnya pesawat yang berdasarkan manifes mengangkut 62 orang kru dan penumpang.

Black box adalah istilah umum yang digunakan dalam industri penerbangan untuk merekam data selama pesawat diterbangkan. Walaupun disebut kotak hitam, nyatanya black box dibalut warna yang terang menyala atau cerah agar mudah teridentifikasi dalam operasi pencarian.

Untuk diketahui, black box terdiri dari dua kombinasi perangkat yaitu Cockpit Voice Recorder (CVR) dan Flight Data Recorder (FDR).

Dikutip dari Flight Radar 24, FDR berfungsi merekam beragam data tentang semua aspek pesawat saat terbang, sementara CVR merekam percakapan di dek penerbangan dan suara-suara seperti transmisi radio dan alarm otomatis. ejo, ins

baca juga :

SEA Games 2021: Indonesia Juara Umum Cabor Panahan

Disiapkan Antisipasi Tambahan, Ojol Boleh Angkut Penumpang Lagi

Transformasi Surabaya di Masa Depan, Eri Siapkan Rencana Besar