Global-News.co.id
Indeks Pendidikan Utama

Jadwal SNMPTN dan UTBK – SBMPTN Resmi Diluncurkan, ITS Siapkan Sosialisasi

Direktur Pendidikan ITS  Dr Eng Siti Machmudah ST MEng 

SURABAYA (global-news.co.id) – Jelang pelaksanaan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2021, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah merilis jadwal Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk PTN (UTBK – SBMPTN), Senin (4/1/2021) lalu. Sebagai salah satu PTN ternama yang bakal menjadi incaran calon mahasiswa, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah mempersiapkan kegiatan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

Direktur Pendidikan ITS Dr Eng Siti Machmudah ST MEng menjelaskan, sistem seleksi masuk PTN tahun ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Terdapat tiga jalur yang dibuka, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. “Kalau jalur masuknya tetap seperti tahun lalu, yakni melalui tiga jalur yang ada tersebut,” tutur dosen yang karib disapa Machmudah ini, Rabu (6/1/2021).

Namun yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, lanjut Machmudah, sistem seleksi masuk PTN tahun ini tidak hanya untuk program studi sarjana (S1). “Tetapi juga untuk program studi sarjana terapan (D4),” imbuhnya.

Meskipun seluruh informasi dapat diakses di laman LTMPT, menurutnya, masih perlu dilakukan sosialisasi oleh para PTN kepada pihak sekolah-sekolah. Untuk itu, ITS juga berencana melakukan sosialisasi secara daring kepada guru bimbingan konseling (BK) dan siswa sekolah menengah atas (SMA) atau yang sederajat dalam waktu dekat ini. “Melalui sosialisasi ini, harapannya agar guru maupun siswa semakin paham tentang cara pendaftaran dan pemilihan prodi (program studi),” terang dosen Departemen Teknik Kimia ITS ini.

Selain sosialisasi daring, ungkap Machmudah, ITS juga akan mempersiapkan ruangan untuk pelaksanaan tes UTBK yang menjadi penilaian untuk jalur SBMPTN. “Untuk UTBK ini, gelombang I akan dilaksanakan pada tanggal 12-18 April 2021 dan gelombang II akan dilaksanakan pada tanggal 26 April-2 Mei 2021,” bebernya.

Terkait materi UTBK, perempuan berhijab ini menyebutkan bahwa materi tes UTBK nantinya akan sama seperti tahun 2019. “Bedanya dengan tahun 2020 lalu yang cuma ada TPS, tahun ini akan ada TPS dan TKA, serta ada pilihan saintek, soshum, dan campuran,” tambahnya.

Di akhir wawancara, Machmudah berharap agar proses seleksi masuk PTN tahun ini yang masih berada di tengah pandemic bisa berjalan dengan lancar hingga selesai. Ia pun berpesan untuk para siswa maupun guru BK agar tetap mengikuti perkembangan pengumuman di portal LTMPT. tri

baca juga :

Dua Poin Persebaya Melayang di Menit Akhir

Redaksi Global News

Perbanyak Guru Besar, ITS Kembali Kukuhkan Dua Profesor

Redaksi Global News

Ibrahim Bantu Fasilitas Belajar TK di Desa Aceh

gas