Global-News.co.id
Indeks Tapal Kuda Utama

Gunung Semeru Meletus, Waspadai Potensi Banjir Lahar Dingin

Istimewa
Guguran awan panas dan abu vulkanik dari Gunung Semeru

MALANG (global-news.co.id)  –  Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang dan Malang meletus, Sabtu (16/1/2021) pukul 17.24.

Dalam letusan itu terjadi awan panas guguran (APG) Gunung Semeru dengan jarak luncur kurang lebih 4,5 kilometer.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengatakan, masyarakat yang bermukim di sekitar Desa Sumber Mujur dan Dusun Curah Koboan dan sekitarnya agar waspada. Terutama dalam menghadapi potensi bencana yang dapat ditimbulkan.

Dalam hal ini, khususnya masyarakat di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Curah Kobokan agar tetap waspada dalam menghadapi adanya intensitas curah hujan yang tinggi. “Sebab hal itu dapat memicu terjadinya banjir lahar dingin,” kata Raditya dalam pernyataan resmi,  Sabtu (16/1/2021).

Menurut laporan pengamatan visual sementara, terlihat asap meluncur ke arah tenggara yang diduga dari dari kawah Jonggring Kaloko.
Asap berwarna kelabu pekat itu meluncur dalam volume yang besar.
Sedangkan untuk hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke utara, menyesuaikan arah angin.

Peristiwa meletusnya Gunung Semeru sebelumnya dikonfirmasi oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq melalui akun twitternya.

Dalam unggahannya, dia juga menampilkan 4 foto erupsi Semeru, bahwa perkiraan awal lokasi tersebut berada di daerah sekitar Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboa
” Gunung semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4,5 kilo. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas,” jelas Bupati Thoriqul.

Mengenai status Gunung Semeru saat ini masih berada pada level II atau ‘Waspada’ dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sedang melakukan evaluasi lebih lanjut.

Hingga saat ini tim gabungan lintas Kementerian/Lembaga masih dalam proses pengembangan informasi dan belum ada keterangan adanya korban jiwa atas peristiwa tersebut.

Sore ini, jam 17.24 gunung semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4.5 km. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas. nan, ins

baca juga :

23 Juni: Pasien Positif COVID-19 di Jatim Capai 10.092, Selisih 135 dari DKI Jakarta

Redaksi Global News

Program Perbaikan RTLH Tiap Tahun Naik, Hingga Tahun Ini Menjadi 1940 Unit

gas

Doa Bonek untuk Aremania Korban Tragedi Kanjuruhan

Redaksi Global News