Global-News.co.id
Indeks Mancanegara Utama

Dua ABK WNI Ikut Ditahan dari Kapal Tanker Korsel yang Disita Iran

Sebanyak dua anak buah kapal (ABK) WNI turut ditahan dari kapal tanker Korea Selatan (Korsel) pada 4 Januari 2021 di Iran.

 

TEHERAN (global-news.co.id) – Sebanyak dua anak buah kapal (ABK) WNI turut ditahan dari kapal tanker Korea Selatan (Korsel) pada 4 Januari 2021 di Iran. Korea Selatan pun mengirim pasukannya ke Selat Hormuz setelah kapal itu disita.

Pemerintah Korea Selatan mengatakan telah mengirim pasukan militer ke Selat Hormuz yang strategis setelah Korps Pengawal Revolusi Islam Iran atau IRGC, menyita sebuah kapal tanker berbendera Korea Selatan itu. Pejabat di Seoul juga menuntut pembebasan segera kapal tersebut, yang menurut pihak berwenang Iran telah ditahan karena dugaan pencemaran laut.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengeluarkan pernyataan terkait kapal tanker kimia MT Hankuk Chemi. Kapal, yang menurut Iran membawa 7.200 ton “bahan kimia berbasis minyak”, telah melakukan perjalanan dari Arab Saudi ke Uni Emirates Arab saat IRGC mengambil alih sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

“Gambar resmi dari operasi tersebut menunjukkan beberapa kapal kecil Iran mengerumuni kapal komersial tersebut, yang sekarang berlabuh di dekat pelabuhan Bandar Abbas Iran,” sebut laporan The Drive, Selasa (5/1/2021).

Seluruh kru kata laporan itu totalnya berjumlah 20 orang. Mereka termasuk lima warga negara Korea, 11 pelaut dari Myanmar, dua WNI, serta dua Vietnam.

IRGC mengatakan bahwa mereka telah menyita kapal, yang memiliki tonase kotor 9.797 ton, setelah menerima permintaan dari Organisasi Pelabuhan dan Maritim negara itu. Mereka bertindak atas surat perintah yang dikeluarkan oleh kantor kejaksaan Provinsi Hormozgan di sepanjang Selat Hormuz.

Insiden tersebut dikonfirmasi lebih lanjut oleh badan United Kingdom Maritime Trade Operations (UKMTO), yang memantau keamanan maritim di wilayah tersebut. “Sebagai konsekuensi dari interaksi ini, kapal melakukan perubahan arah ke utara dan melanjutkan ke perairan teritorial Iran,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Operator Hankuk Chemi yang berbasis di Korea Selatan, DM Shipping, membantah kapal itu melanggar protokol lingkungan apa pun. Tidak jelas pasukan apa yang sekarang telah dikirim Korea Selatan ke daerah itu dan tindakan apa yang mungkin mereka ambil.

Pada Januari 2020, pejabat Korea Selatan mengumumkan bahwa mereka akan memperluas unit militer Cheonghae mereka, yang sebelumnya difokuskan pada misi antipembajakan di Teluk Aden bekerja sama dengan Gugus Tugas Gabungan 151 pimpinan Angkatan Laut AS, untuk juga mencakup operasi di dan di sekitar Selat Hormuz. Kapal perusak Angkatan Laut Korea Selatan melakukan penyebaran bergilir untuk mendukung unit Cheonghae dan membentuk inti dari kekuatan itu, tetapi tidak jelas kapal perang negara mana yang berada di wilayah tersebut sekarang.

Militer Korea Selatan secara teknis bukan bagian dari Konstruksi Keamanan Maritim Internasional yang dipimpin AS. Gugus tugas itu didirikan pada 2019 khusus untuk berpatroli di dalam dan sekitar Selat Hormuz dan di tempat lain di Timur Tengah serta memantau aktivitas Iran.

Ini tentunya bukan pertama kalinya Iran menyita kapal tanker berbendera asing di wilayah tersebut. Pada Juli 2019, IRGC mengambil alih kapal tanker berbendera Inggris Stena Impero, yang secara resmi diduga melanggar aturan maritim. Di hari yang sama, Pengawal Revolusi Iran juga merinci secara singkat kapal tanker berbendera Liberia, Mesdar, yang dimiliki oleh sebuah perusahaan Inggris.

Pejabat Iran kemudian mengklaim bahwa mereka hanya menghentikan kapal itu untuk memberi tahu awak tentang peraturan lingkungan dan maritim lainnya.

Penyitaan Stena Impero dipandang sebagai pembalasan langsung bagi otoritas Inggris di Gibraltar yang menahan sebuah kapal tanker Iran, yang kemudian diberi nama Grace 1, pada awal tahun itu. Pemerintah Inggris merilis Grace 1 pada Agustus 2019 dan Iran melepaskan Stena Impero pada bulan berikutnya.

Insiden terbaru ini terjadi saat Iran dan Korea Selatan saat ini berselisih mengenai status dana Iran senilai 7 miliar  dolar AS yang dibekukan di bank-bank Negeri Gingseng akibat sanksi yang diberlakukan oleh Amerika Serikat. Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan dilaporkan berencana mengunjungi Teheran segera untuk membahas permintaan Iran untuk pencairan dana.

Perlu juga dicatat bahwa Korea Selatan, salah satu dari 10 importir minyak teratas dunia, telah menjadi pelanggan utama Iran sebelum setuju untuk menghentikan pembelian tersebut pada Mei 2020 di bawah tekanan dari pemerintah AS.

IRGC yang menahan Hankuk Chemi dapat menawarkan cara untuk memberi tekanan pada kedua negara secara bersamaan, atau bahkan berusaha untuk membuat celah di antara mereka, terutama terkait masalah sanksi.

Insiden itu terjadi di tengah meningkatnya gesekan geopolitik antara Iran dan Amerika Serikat. Pada 3 Januari, Pentagon mengumumkan bahwa kapal induk USS Nimitz akan kembali ke perairan Timur Tengah sebagai tanggapan atas ancaman dari pejabat Iran.

Ancaman ini termasuk beberapa yang ditujukan secara khusus kepada Presiden Donald Turmp, pada kesempatan peringatan pertama pembunuhan militer AS terhadap Jenderal IRGC Qassem Soleimani. Serangan pesawat tak berawak Amerika menewaskan Soleimani, mantan kepala Pasukan Quds, lengan operasi eksternal IRGC, di Baghdad, Irak, pada tahun 2020.

Trump sendiri dilaporkan mengarahkan Penjabat Menteri Pertahanan Chris Miller untuk memesan kapal induk kembali ke Timur Tengah. Beberapa hari sebelumnya, Miller telah mengumumkan bahwa Nimitz, yang telah berlayar di Samudera Hindia untuk mendukung penarikan pasukan Amerika dari Somalia, akan pulang setelah penempatan yang sangat lama.

Langkah itu juga dikatakan bertujuan untuk menjadi langkah deeskalasi setelah berminggu-minggu memberi isyarat ancaman kepada pemerintah Iran dengan mengerahkan pesawat pengebom B-52 dan kapal selam USS Georgia melalui Selat Hormuz.  yan, med, ins

baca juga :

Shell Cari Mitra Bangun SPBU di Jatim

gas

Lionel Messi: Ini Adalah Piala Dunia Terakhir Saya

Redaksi Global News

Ronaldo Kwateh Sambut Antusias Gelaran Liga 1

Redaksi Global News