Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Dana Taperum Pensiunan PNS Cair Mulai Hari Ini

Pensiunan PNS sedang ambil gaji. BP Tapera telah mencairkan Taperum bagi PNS pensiun dan ahli warisnya mulai Selasa (19/1/2021).

JAKARTA (global-news.co.id) –  Kabar gembira bagi PNS pensiun. Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) telah mencairkan Dana Tabungan Perumahan (Taperum) bagi PNS pensiun atau ahli waris mulai hari ini. Untuk pencairan dana tersebut BP Tapera bekerjasama dengan PT Taspen.

Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera Eko Ariantoro mengatakan, pengembalian dana tersebut dilakukan sesuai hasil likuidasi aset Bapertarum-PNS yang kemudian diperhitungkan sebagai saldo Taperum untuk setiap individu PNS.
“Dana Taperum bagi PNS Pensiun ditransfer langsung ke rekening masing-masing yang tercatat dalam data PT Taspen mulai hari ini, Selasa 19 Januari 2021,” kata Eko di Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Menurut dia, pasca diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), Kementerian PUPR membentuk Tim Likuidasi Aset Bapertarum-PNS yang melibatkan Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN RB, dan BKN.

Tim Likuidasi tersebut telah melakukan perhitungan dan penetapan Dana Taperum yang kemudian dialihkan ke BP Tapera secara bertahap pada Desember 2020 dan Januari 2021. “Dana Taperum yang telah dialihkan tersebut dikembalikan kepada PNS Pensiun atau Ahli Waris yang dilakukan secara langsung serta kepada PNS Aktif sebagai saldo awal Tapera,” jelasnya.

Eko mengungkapkan, sejak Bapertarum-PNS dibubarkan, Dana Taperum telah dikembalikan kepada PNS yang pensiun hingga April 2019. Setelah dana dialihkan oleh Tim Likuidasi, BP Tapera mengembalikan Dana Taperum beserta hasil pemupukannya bagi PNS yang pensiun pada periode Mei 2019 hingga Desember 2020 dalam 2 tahap. Pengembalian tahap pertama yaitu sebanyak 367.740 orang yang dilaksanakan pada Selasa 19 Januari 2021 dan untuk tahap kedua akan dilaksanakan pada Februari 2021.
“BP Tapera bekerjasama dengan PT Taspen dalam pelaksanaan pengembalian dana setelah penghitungan saldo individu PNS Pensiun serta proses verifikasi dan validasi data,” ungkap dia.

Eko menyebutkan kerjasama dengan PT Taspen ini dimaksudkan untuk mempercepat dan memudahkan PNS pensiun dalam memperoleh haknya. jef, sin

baca juga :

Perbaikan Jalan Jalur Pantura Probolinggo Dikebut

nasir nasir

Kendala Pemasaran dan Permodalan, Paguyuban Batik Kabupaten Malang Mengadu ke Sri Untari

Redaksi Global News

Sidoarjo Diterjang Angin dan Hujan Deras, 40 Rumah Rusak dan IGD RSUD Tergenang

Redaksi Global News