Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Daerah Penyangga Kota Banjarmasin dan Banjarbaru Dikepung Banjir

Banjir di Banjarmasin dan sekitarnya belum juga surut hingga Jumat (15/1/2021).

BANJARMASIN (global-news.co.id) – Wilayah Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, yang menjadi daerah penyangga Kota Banjarmasin dan Banjarbaru dikepung banjir,  Jumat (15/1/2021).
“Banjir saat ini merata hampir di seluruh kelurahan dan desa di Gambut, ribuan warga dievakuasi,” kata anggota Polsek Gambut, Bripka Rahmadani.

Ada tiga titik posko pengungsian yang disiapkan tim SAR gabungan dari Polres Banjar bersama TNI dan BPBD yaitu SDN 1 Gambut, Aula Kantor PU, serta Pasar Baru Gambut.

Para relawan dari barisan pemadam kebakaran (BPK) juga berdatangan membantu dalam proses evakuasi korban banjir yang masih terjebak di rumahnya dengan ketinggian air mencapai satu meter lebih.

Tak hanya rumah penduduk, banjir juga menggenangi jalan nasional Ahmad Yani depan Pasar Kindai Limpuar Gambut, hingga ke Polsek Gambut sepanjang lebih kurang tiga kilometer. “Kemacetan pun terjadi sepanjang Jumat siang lantaran terjadi perlambatan arus kendaraan yang melintas di jalur ramai tersebut,” kata dia.

Sementara Rahimah, salah satu warga terdampak banjir di Kampung Tapai Pamatang Jalan Pemajatan, Kelurahan Gambut, mengaku air telah meninggi sejak tiga hari terakhir. Dia sekeluarga pun mengungsi meski tak sempat menyelamatkan barang-barang di rumah yang terendam.

Kecamatan Gambut terletak di antara Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Kawasan ini cukup padat pendudukdan lalu lintas kendaraan ramai lantaran menjadi jalur perlintasan utama antarkabupaten.

Banjir di Kabupaten Banjar memang telah meluas di 10 kecamatan selain Gambut. Aktivitas masyarakat lumpuh dan warga telah mengungsi kini membutuhkan bantuan makanan dan keperluan lainnya. ant

baca juga :

Masjid Cheng Hoo, Penggerak Donor Darah

gas

Hormati Prajurit Gugur di Nduga, Kasal Perintahkan Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Redaksi Global News

Liga 1: PSIS Telah Lepas 5 Pemain