Global-News.co.id
Indeks Kesehatan Nasional Utama

Coldstorage Terbatas, Dinkes Jatim Baru Distribusikan 22 Ribu Vaksin ke Surabaya Raya

Vaksin Covid-19 yang disimpan di cold storage Dinkes Jatim mulai didistribusikan ke wilayah Surabaya Raya pada Rabu (13/1/2021) siang

SURABAYA (global-news.co.id) – Terbatasnya kapasitas cold storage yang dimiliki Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik (Surabaya Raya), membuat Dinas Kesehatan Jawa Timur belum mendistribusikan vaksin Covid-19 sesuai alokasi. Dari 48.060 vaksin yang dialokasikan untuk wilayah Surabaya Raya, baru didistribusikan sebanyak 22.000 vial.

Sekretaris Dinas Kesehatan Jawa Timur, Hertanto SKM, Msi, mengatakan, tidak bisa didistribusikannya seluruh vaksin yang dialokasikan untuk wilayah Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik) disebabkan terbatasnya kemampuan tempat penyimpanan (cold storage) yang dimiliki. “Pendistribusian ini berdasarkan rapat dengan Walikota Surabaya, Bupati Sidoarjo, dan Bupati Gresik pada, Selasa pagi kemarin. Ditindaklanjuti rapat siang hari dengan Kapolda, Inspektorat Provinsi dan Dinas dari Kota dan Kabupaten,” ujar Hertanto di sela pendistribusian vaksin Covid-19 tahap 1 bulan Januari untuk wilayah Surabaya Raya, Rabu (13/1/2021).

Dari 77.760 vaksin single dose buatan Sinovac yang diterima Dinkes Jatim, pada tahap 1 Kota Surabaya mendapatkan 33.420 vial, Kabupaten Sidoarjo sebanyak 5.920 vial, dan Kabupaten Gresik sebanyak 8.720 vial.

Dari rapat teknis, lanjutnya, diketahui kemampuan simpan cold storage Surabaya yang sebanyak 15 ribu, sementara Kabupaten Sidoarjo sebanyak 4.000, dan Gresik 3.000.  “Kami menunggu kemampuan cold storage. Begitu siap, kami segera mendistribusikan lagi vaksin tersebut,” lanjutnya.

Ditambahkan, untuk keamanan vaksin-vaksin tersebut, pihak kepolisian akan memback up pengawalannya sampai di tempat penyimpanan.  Sedang untuk pendistribusiannya, digunakan armada yang terstandar,  yang bisa menjamin suhunya 2-8 derajat Celcius. “Alhamdulillah armada Indofarma memiliki kemampuan 3-8  derajat Celcius, jadi masih memenuhi  syarat supaya kualitas vaksin terjaga,” kata Hertanto.
Pencanangan vaksinasi untuk tingkat provinsi akan dilaksanakan Kamis (14/1/2021) di RSUD dr Soetomo, sedang untuk tingkat kota/kabupaten dilaksanakan pada Jumat (15/1/2021).  Untuk Kota Surabaya dilaksanakan di Balai Kota, Kabupaten  Gresik  di RSUD Ibnu Sina Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo di RSUD Sidoarjo.ret

baca juga :

Kepala Dinas PU Mojokerto Segera Disidang di Pengadilan Tipikor Surabaya

Redaksi Global News

KPU-Tim Pemenangan Pilkada Jatim Sepakati Piranti Kampanye

Redaksi Global News

Tinggal 2 Negara Eropa yang Bebas Corona, Turki dan Montenegro

Redaksi Global News