Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Bulan Bhakti K3, Disiapkan Penghargaan untuk Perusahaan Zero Accident

Dr Himawan Estu Bagijo

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, direncanakan akan memberikan penghargaan pada perusahaan yang berstatus Zero Accident (kecelakaan nihil di tempat kerja), dalam upacara dan donor darah peringatan Bulan Bhakti Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2021.

“Kegiatan donor darah ini sangat bagus dan sudah siap sekitar 250 orang di lima korwil di Jatim ikut berpartisipasi. Jika memang kegiatan ini bagus maka akan menjadi kegiatan yang rutin,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Dr Himawan Estu Bagijo, Rabu (20/1/2021).

Untuk diketahui penghargaan zero accident diberikan kepada perusahaan yang telah berhasil mencegah terjadinya kecelakaan kerja di tempat kerja tanpa menghilangkan waktu kerja. Penghargaan zero accident diberikan dalam bentuk piagam dan plakat yang ditetapkan melaui Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Lebih jauh Himawan menuturkan, rangkaian kegiatan Bulan Bhakti K3 tahun ini diawali dengan seminar/webinar terkait perluasan informasi dan kesadaran. “Diharapkan setelah paham K3, selanjutnya dipatuhi aturannya,” katanya.

Himawan mengungkapkan, saat webinar bersama Pelindo III beberapa waktu yang lalu, respon peserta sangat bagus. “Ini luar biasa, panitia menyediakan kuota hanya seribu orang itu. Namun kenyataaannya lebih dari seribu orang yang ingin ikut. Hal ini menandakan orang mulai paham kebutuhan akan K3,” ucapnya.

Masih ada dua seminar lagi dalam peringatan Bulan Bhakti K3, yaitu seminar dalam kerjasama program khusus pendidikan kedokteran untuk kesehatan industri dengan Universitas Muhammdiyah Malang, dan webinar dengan Pelindo III dengan pengawas ketenagakerjaan.

Himawan juga menambahkan, biasanya setiap Bulan Bhakti K3 selalu ada pelaksanaan pengawasan langsung bersama di berbagai wilayah. Namun karena ada PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) maka kegiatan ditunda. ins

baca juga :

GLOBAL NEWS Edisi 311 (26 Agustus – 1 September 2021)

Titis Global News

Bakamla Tugasi ITS Optimalkan Pengamanan Lautan Indonesia

Redaksi Global News

Gelar Misi Dagang Hybrid Pertama Kali Sejak Pandemi, Jatim Gandeng Tiga Provinsi Mitra Bukuka Transaksi Rp 168 M

Redaksi Global News