Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Beredar Pesan Hoaks Razia Masker Denda Rp 250 Ribu dan Surabaya Zona Hitam

Pesan hoaks melalui WhatsApp yang beredar di masyarakat.

SURABAYA (global-news.co.id) – Beredar broadcast melalui WhatsApp di masyarakat yang menyebutkan Surabaya masuk zona merah/hitam dan beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 di Surabaya penuh. Pesan itu juga menyebutkan akan adanya razia masker, bagi pelanggar akan didenda Rp 250 ribu.

Untuk pesan tentang razia masker, tertulis bahwa besok pada Senin (4/1/2021), akan diadakan razia masker di seluruh Indonesia. Bagi yang melanggar akan didenda Rp 250 ribu.

Dalam pesan itu, razia akan dilakukan di beberapa tempat yakni kantor, toko, bengkel mobil/motor/las, warung, warteg. Razia akan melibatkan semua lintas baik dari kepolisian, kejaksaan.

Di pesan itu juga disebutkan bahwa Surabaya masuk zona hitam. Karena itu beberapa RS rujukan Covid-19 di Surabaya dalam kondisi pasien penuh. Seperti RS Adi Husada, RS RKZ, RS Husada Utama, RS Lapangan Covid-19 Indrapura, RSU dr Soetomo, RS Haji, RS Soewandhi, RS Siloam.

Dikonfirmasi kebenaran pesan berantai ini, Kabagbinops Ditlantas Polda Jatim Kompol Gathot Bowo. Gathot memastikan bahwa pesan berantai itu hoaks.
“Hoaks pesan itu,” tulis Gatot singkat, Minggu (3/1/2021) malam.

Sedangkan Juru Bicara Satgas Covid-19 Jatim dr Makhyan Jibril menegaskan, broadcast itu hoaks terutama soal kapasitas RS.
“Sepertinya hoaks. Karena di broadcast tertulis RS Covid-19 Indrapura naik 400 persen. Itu memang benar, tapi sudah terjadi pasca libur panjang akhir Oktober lalu. Sepertinya tidak relevan kalau sekarang, RS Indrapura sekarang pasiennya sekitar 272 pasien, dari kapasitas total 360-an bed,” ujar Jibril, Minggu (3/1/2021).

Jibril juga menjelaskan, kapasitas RSU Soetomo untuk pasien Covid-19 tidak penuh. Dari 184 bed untuk pasien Covid-19, saat ini terisi 136. Dengan rincian 17 tempat tidur (TT) ICU Covid-19 terisi dan TT isolasi Covid-19 terisi 119 pasien.

Selain itu, Jibril menegaskan bahwa Surabaya tidak masuk zona hitam/zona merah. “Surabaya saat ini zona oranye,” pungkasnya. pur, det

baca juga :

Cak Eri: Wisata Susur Sungai di Surabaya Harus Jaga Kebersihan

BNI Gandeng Dopang Co Ltd , Buka Peluang Salurkan Diaspora Loan

Redaksi Global News

Liga Spanyol Semakin Sengit!

Redaksi Global News