Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Indeks Utama

Banyak Jalan Rusak, Pj Bupati Sidoarjo Minta Maaf

Pj Bupati Hudiyono saat meninjau jalan rusak dan berlubang.

SIDOARJO (global-news.co.id) – Banyaknya jalan rusak dan berlubang di sejumlah titik di Sidoarjo, dan menyebabkan kecelakaan, terutama di jalan Lingkar Timur samping Polsek Candi, akhirnya menjadi perhatian serius Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo, Hudiyono. Ia pun menyatakan permintaan maaf dan berjanji akan segera menambal jalan yang rusak.

“Kita sudah cek lapangan dan tanya ke warga sekitar. Infonya sudah lebih dari satu kali pengendara motor jatuh. Saya cek tadi, jalan rusak lubangnya cukup dalam. Jadi kalau pada waktu hujan tidak kelihatan, kalau di situ ada lubang karena tertutup air. Nanti segera akan kita perbaiki, jangan sampai ada kejadian lagi (orang jatuh),” kata Hudiyono, Rabu (27/1/2021)

Hudiyono juga berjanji akan keliling melintasi jalan lingkar timur. Mulai dari Maspion Buduran sampai daerah Candi. Sebab, jalur ini merupakan jalan kabupaten yang berada di tiga wilayah kecamatan. Yaitu Kecamatan Buduran, Sidoarjo dan Candi.

Hudiyono juga sudah membuat kebijakan dengan mengalokasikan anggaran untuk perbaikan pelayanan public, seperti penanganan jalan rusak dengan mekanisme cepat. Mulai Februari nanti jalan rusak akan ditangani langsung oleh kecamatan, dengan menggunakan dana pagu indikatif wilayah yang sudah mulai ditransfer ke kecamatan.

Dengan uang itu kecamatan bisa membeli mesin stamper untuk memadatkan jalan dengan cara swakelola. Sehingga laporan masyarakat terkait jalan rusak bisa cepat diperbaiki. “Mulai bulan Februari penanganan jalan rusak bisa cepat dilakukan karena uang sudah kita transfer. Kan biasanya kalau ada laporan kerusakan jalan, penanganannya masih menunggu pencairan dananya,” imbuhnya.

Untuk besaran dana yang ditransfer setiap kecamatan berbeda-beda. Mulai dari Rp 500 juta hingga Rp 2 miliar. Secara keseluruhan total dana pagu indikatif yang dialokasi untuk perbaikan jalan ini sebesar Rp 19,35 miliar, dan anggaran pemeliharaan jalan lingkungan Rp 7,945 miliar.

Sementara itu diketahui, bahwa salah satu korban kecelakaan akibat jalan berlubang adalah Sukari. Usai terjatuh, pemotor paruh baya inipun curhat melalui salah satu radio dan berharap kepada Pemkab Sidoarjo untuk memperhatikan kondisi jalan lingkar timur yang sudah banyak rusak dan berlubang.

Kondisi jalan tersebut setiap hari dilewati truk-truk besar. Sehingga ditengarai menjadi pemicu kuat terjadinya kerusakan mulai dari samping pabrik Maspion Buduran sampai arah Polsek Candi.  kli

baca juga :

PT Pertamina Lubricants Raih Dua ‘Corporate Image Awards’

Kasus Positif Bertambah 5.803 Orang, Tertinggi Jakarta

Redaksi Global News

10 Mei 2020, Lion Air Group Buka Kembali Layanan Penerbangan Domestik