Global-News.co.id
Indeks Sosok Utama

Alip, Menggetarkan Jagad Maya lewat Petikan Gitarnya

Tampilan Alief Gustakhiyat saat membawakan komposisi My Heart Will Go On di akun YouTube Alip_Ba_Ta

Namanya memang belum akrab layaknya Dewa Bujana, Tohpati, Ian Antono, atau Erros yang gitaris Sheila on 7, namun nama Alip Ba Ta telah menggetarkan jagad maya. Bahkan gitaris band legendaris Queen, Brian May pun dibuat terkesima saat melihat video gitaran gaya fingerstyle-nya.

Oleh: Retno Asri

Petikan gitar Alief Gustakhiyat (32) yang diunggah di kanal YouTube membuat banyak orang jadi penasaran dan tergelitik untuk mendengarkan lagu-lagu lain yang dimainkan. Sebut saja lagu Bohemian Rhapsody yang dia cover dan diunggah pada 3 Juli 2019. Kepiawaian pria yang sehari-harinya berprofesi sebagai sopir forklift ini dalam memainkan komposisi band legendaris Queen ini telah ditonton lebih dari 8,7 juta orang.

Pengamat musik Frans Sartono mengaku tidak tahu persis apakah Alip Ba Ta –begitu nama Alief di YouTube– otodidak atau belajar gitar lewat kursus. Namun, lanjutnya, secara teknis kedengarannya fingering-nya bagus. “Untuk bisa memainkan komposisi sekompleks Bohemian Rhapsody diperlukan keterampilan teknis yang advance. Dan dia berhasil mengeluarkan hampir seluruh bagian penting dari komposisi. Bukan hanya garis melodi, tapi juga harmoni lagu Queen tersebut kita tangkap secara cukup utuh,” ujarnya saat dihubungi Rabu (20/1/2021).

Permainan gitar Alip yang khas membuat dirinya mendunia. Musisi terkenal lokal hingga internasional pun angkat topi melihatnya bermain. Sebut saja, Dewa Bujana, Erros Sheila on7, Armand Maulana, Dwiki Dharmawan, Addie MS, Alexandr Misko, Uncle Igor, Fun Two, hingga gitaris Avenged SevenFold Synyster Gates dan Brian May.

Frans mengungkap, waktu pertama kali melihat dan mendengar video penampilan Alip, dirinya penasaran bagaimana pria kelahiran Ponorogo itu akan memainkan bagian choir. “Yang pas Bismillah …dst. Ternyata dia mampu juga mengeksekusi dengan utuh dan cukup mulus. Bagian solo gitar Brian May juga mengalir. Alip Ba Ta berhasil mentransformasikan komposisi  ke dalam gitar dengan gaya freestyle,” katanya.

“Seluruh komponen komposisi ter-alihmedia-kan dengan cukup mulus. Bukan hanya hanya vokal Freddy..tapi koor yang dioverdubbes juga. So far yang seperti itu  itu aku baru denger ini,” tambahnya.

Tak hanya Bohemian Rhapsody, Alip juga meng-cover Love of My Live yang ditonton 4,5 juta. Saking terpesonanya, Queen bahkan pernah menampilkan permainan gitar Alip di akun resminya.

Seperti Frans, gitaris Sheila on 7 Erros menyebut lagunya Kisah Klasik dicover tanpa ada nada yang hilang.  Semua komponen komposisi teralihmediakan. “Ada nada vokalnya, ada nada rhythm-nya,” ujarnya seperti yang dimuat di kanal YouTube.

Di salah satu videonya, Alip memainkan komposisi My Heart Will Go On dengan  yang dipopulerkan Celine Dion. Memainkan lagu latar film Titanic ini, Alip tak cuma menggunakan gitar, tapi juga suling. Jemari kiri memainkan grip gitar dengan teknik mengetuk (tapping) sehingga mengeluarkan nada, sementara tangan kanan memegang suling untuk ditiup.

Menanggapi video yang sudah ditonton lebih dari 11 juta kali ini Chrisle Kosasih berkomentar, “Cuma Nonton Mas Alip main Gitar saja merasa bangga jadi Rakyat Indonesia.  Ngak bosen tiap malam saya nonton channel Mas Alip bermain gitar.  Salute !!! Suka Kesederhanaan Mas Alip dan Iri melihat Keahlian Mas Alip.  Terima Kasih Tuhan… Sudah menciptakan Mas Alip lahir di Indonesia.”

Erros mengaku pertama mendengar Alip Ba Ta di instagram. “Lagune lali aku,  tahune wes lali (Lagunya lupa, tahunnya juga lupa),” katanya.

Menurut Erros skill yang dimiliki Alip itu di atas normal. Tidak semua orang bisa. Idenya dalam memecah suara dengan menempatkan posisi jari itu yang dia nilai mahal. “Dia dengan sangat mudah dan smooth memainkannya. Dia mau rhytm-nya seperti apa, dibabat saja,” lanjutnya.

Untaian nada-nada yang dirangkai hingga mampu memikat hati pengagumnya itu berasal dari kreasinya sendiri. Pria kelahiran Ponorogo, Jawa Timur itu, menciptakan sendiri nada dan cara memainkan sebuah lagu. Dia enggan untuk mencontoh gitaris fingerstyle lainnya.

Bahkan, Alief meminta kepada khalayak luas untuk memberi contoh siapa gitaris yang ia tirukan dari segi permainannya. Hal itu untuk meyakinkan, memang tidak ada gitaris yang Alief tiru. “Saya enggak nyontek permainan gitaris siapa, Saya berkreasi sendiri,” ujarnya sebagaimana dikutip TribunJakarta.com

Gitaris grup band Gigi, Dewa Budjana pun terkagum-kagum pada cara main Alip. “Karena saya nggak bisa main seperti dia. Saya main dalam satu grup, dia sendirian. Jago banget, harus diakui itu,” katanya.

Alip mengakui Bujana lah yang membuatnya tergoda pada gitar.  Sejak bangku SMP, Alief sudah menggandrungi permainan memukau Dewa Bujana. Ia sering terkesima mendengar alunan nada gitar yang dipetik Dewa. Bagi dia, gitaris asal Surabaya ini adalah sosok yang luar biasa di antara gitaris-gitaris lainnya.  “Kreasi dia (Bujana) dalam merangkai nada-nada itu luar biasa,” lanjutnya.

Alip menganggap nada-nada yang keluar dari petikan gitar Dewa terasa aneh. Bujana sendiri mengaku kini sering sering ngobrol dengan Alip. “Dia kan orang Ponorogo, saya Surabaya, jadi kita sering ngobrol Jawa Timuran,” ungkap Bujana.

Alief yang belakangan dikenal dengan sebutan Gitaris Fingerstyle ini tak pernah menyangka, videonya akan jadi viral dan jadi perbincangan warganet. Padahal dia tak pernah mengajak orang yang menonton YouTube-nya untuk subscribe, mengomentari, me-like atau menge-share. Keahliannya dalam memainkan gitarlah yang membuat penontonnya terkagum-kagum hingga mempromosikan akun YouTube Alip_Ba_Ta.

Uniknya dalam setiap videonya yang tayang, Alip yang pernah jadi sopir truk sebelum alih profesi jadi operator forklift ini tak pernah berbicara. Begitu muncul dia langsung nggitar. Bukan hanya lagu-lagu asing yang dimainkan seperti Hotel California milik Eagle atau Wonderful Tonight milik Eric Clapton tapi juga lagu-lagu karya musisi lokal bahkan campursari pun dia mainkan.

Semua itu dimainkan sambil bersila di rumah kontrakannya dengan latar belakang yang sama. Tak ada kata-kata. Hanya pada lagu Bungaku milik Boomerang, Alip ikut menyanyi selain memainkan gitar.

Kemampuan gitar Alip yang akhirnya mendunia tersebut berawal dari  dorongan banyak orang di sekitarnya. Berawal dari akun Facebook-nya yang dibuat pada 2018, Alip mengunggah banyak penampilannya bermain gitar dengan lagu-lagu pilihannya sendiri.

“Awalnya, iseng-iseng aja merekam pakai handphone di kontrakan abis kerja. Saya masih inget lagu yang saya mainkan itu super mario bros,” ujarnya.

Ternyata, respons warganet yang melihat aksinya bermain gitar dalam sekejap bertambah banyak. “Ternyata responsnya itu luar biasa. Lah saya kaget, cuma main gitar begitu aja. Semua orang pasti bisa,” kenangnya.

Tak sedikit komentar yang memintanya untuk membuat akun YouTube. Selain banyak yang mengapresiasi, dari YouTube juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang setiap bulan. Ia akhirnya membuat akun YouTube Alip_Ba_Ta.

Sebenarnya tujuan awal Alip membuat akun itu hanya untuk menyalurkan hobinya bermain gitar.  Keuntungan dari YouTube mengikutinya tanpa ia harus berambisi mengejarnya. “Saat saya bikin YouTube, kemudian posting lagu pertama saya Sepanjang Jalan Kenangan, dari situ subscribers saya makin nanjak,” ungkapnya.*

 

baca juga :

Kembangkan Kerja Sama Antar Perguruan Tinggi, USU Gandeng Universitas di Rusia

gas

4 Orang Dilaporkan Tewas dalam Kerusuhan Massa Trump di Gedung Capitol

Redaksi Global News

29 April: Tambahan 16 Pasien Corona, Total di Jatim 871 Orang

Redaksi Global News