Global-News.co.id
Indeks Pantura Utama

410 Nakes Lamongan Siap Divaksin

dr Taufik Hidayat

LAMONGAN (global-news.co.id) – Program vaksinasi virus Covid-19 mendapat sambutan hangat dari berbagai daerah di Jawa Timur, tak terkecuali Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan. Meski vaksin yang ditunggu-tunggu belum juga datang, Pemkab Lamongan telah menyiapkan 410 orang yang telah menyatakan kesediaanya untuk disuntik vaksin.

Koordinator Bidang Preventif dan Promotif Satgas Penanganan Covid-19 Lamongan, dr Taufik Hidayat mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya masih belum mendapat kabar, kapan vaksin akan tiba di Lamongan. “Belum (datang), masih menunggu kabar,” kata Taufik Hidayat saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (20/1/2021).

Taufik menyebutkan, Lamongan bukan satu-satunya kabupaten yang menanti giliran pelaksanaan vaksin. Pasalnya, di Provinsi Jawa Timur hingga kini baru ada tiga kabupaten/kota yang sudah melaksanakan vaksinasi. “Di Jawa Timur itu baru Surabaya, Gresik dan Sidoarjo, selebihnya belum,” ujarnya.

Meski belum mendapat kepastian, kata Taufik,  Lamongan sudah menyiapkan segala kebutuhan untuk pelaksanaan vaksinasi, mulai dari tempat penyimpanan, hingga menyiapkan sebanyak 410 orang tenaga kesehatan (Nakes) yang siap divaksin, baik dari Puskesmas maupun rumah sakit.

“Kami juga sudah punya tim yang akan terus monitor reaksi yang ditimbulkan vaksin. Baik reaksi jangka pendek, maupun jangka panjang,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Lamongan ini.

Taufik menembahkan, untuk sasaran vaksinasi Covid-19 tahap awal adalah tenaga kesehatan yang jumlahnya sebanyak 6.040 orang. Data ini, menurut Taufik, akan terus berkembang.

Sembari menanti giliran vaksinasi Covid-19, ia mengajak masyarakat untuk tetap menerapkan 3M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak sebagai upaya mencegah penularan Covid-19. Sebab sejauh ini pencegahan yang paling efisien adalah masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan. pos

baca juga :

El Clasico, El Real Diuntungkan Jadwal

Redaksi Global News

OTT Wahyu Setiawan, Polisi Sita Mata Uang Asing Senilai Rp 400 Juta

Redaksi Global News

Puncak Corona di Indonesia Diprediksi Juli, Capai 106.000 Kasus

Redaksi Global News