Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Whisnu Sebut Penanganan Ekonomi dan Kesehatan Harus Seimbang

Plt Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana

 

SURABAYA (global-news.co.id) – Pandemi Covid-19 telah berdampak kepada semua aspek kehidupan. Baik itu aspek ekonomi maupun kesehatan. Karena itu perlu dilakukan penanganan yang seimbang agar roda perekonomian tetap berjalan seiring dengan penegakan disiplin protokol kesehatan.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat membuka peluncuran Aplikasi Jempolku, melalui video teleconference di ruang kerja Walikota Surabaya, Selasa (29/12/2020).

“Prinsipnya memang dalam menangani kondisi pandemi yang sudah hampir setahun ini, kita dari Pemkot Surabaya harus betul-betul cermat membalancing, antara bagaimana kita menangani kesehatan juga menangani ekonominya,” kata Whisnu.

Sebab, kata Whisnu, apabila pemkot hanya fokus menangani kesehatan, maka hal ini dapat berdampak besar pada kondisi ekonomi masyarakat di bawah. Sementara jika penanganannya hanya difokuskan pada ekonomi, maka kasus Covid-19 akan semakin tidak terkendali. Makanya di Surabaya penanganannya dilakukan secara seimbang antara ekonomi dan kesehatan.

“Jadi harus balancing kita mengatur itu. Berpikir masalah ekonomi memang ini Alhamdulillah sudah banyak kreativitas-kreativitas dari masyarakat Surabaya bagaimana memulai usaha dengan kondisi pandemi saat ini,” papar dia.

Pria yang akrab disapa WS inipun mengapresiasi dan merespons positif diluncurkannya salah satu inovasi yang bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Ia berharap, ke depan semakin banyak lagi kreasi-kreasi yang dimunculkan oleh warga Surabaya. “Khususnya untuk peningkatan ekonomi masyarakat di bawah. Itu yang kita harapkan,” ungkap dia.

Di sisi lain, WS juga menyatakan, saat ini kondisi ekonomi masyarakat Surabaya terus merangkak naik. Kondisi seperti ini diharapkan dapat terus berjalan. “Jadi kita bisa sebetulnya bangkit dalam kondisi pandemi seperti ini. Jadi jangan pernah putus asa, Pemkot Surabaya akan selalu hadir di sana untuk membantu masyarakat,” pesan dia.

Apalagi, WS juga mengaku, selama ini Pemkot Surabaya terus memberikan stimulus melalui berbagai program pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Baik itu dari sisi pemasaran maupun kegiatan di lingkup Pemkot Surabaya yang melibatkan mereka. “Kita juga instruksikan ke lurah camat agar setiap kegiatan untuk memberdayakan warga sekitarnya. Hal-hal seperti ini yang coba terus kita suplai,” pungkas dia. pur

 

baca juga :

Lewat Musda X, Arif Fathoni Ditetapkan Jadi Ketua DPD II Golkar Surabaya

Redaksi Global News

Walikota Eri Bersyukur Salat Idul Fitri Dapat Dilakukan di Masjid Sesuai Zonasi Skala Mikro

Titis Global News

Bupati Jember Promosikan Ayam Pedas

Redaksi Global News