Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Raih Penghargaan Penanganan dan Pengendalian Covid-19, Khofifah Anggap Apresiasi Ini untuk Rakyat Jawa Timur

 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan Gatra Awards 2020.

 

PALEMBANG (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima  penghargaan Gatra Awards 2020 dalam kategori pejabat publik: sosok inspiratif penanganan, pengendalian, dan antisipasi dampak pandemi Covid-19 di Jawa Timur.

Jawa Timur dibawah kepemimpinan Khofifah dinilai sebagai provinsi yang berhasil menunjukkan perbaikan dalam pengendalian wabah Corona dalam skala nasional. Dalam waktu yang relatif singkat, Khofifah memasifkan tes Covid-19 melalui rapid test dan uji swab, serta menginstruksikan jajarannya melakukan pelacakan yang agresif.

Salah satu indikator keberhasilan yang dapat dilihat adalah positivity rate Jatim yang berada di angka 7-9 persen, sedangkan provinsi lain rata-rata di atas 10 persen. Bahkan ada yang positivity ratenya berada di angka 30 persen. “Penghargaan ini bukan menjadi penanda bahwa Covid-19 di Jatim telah berakhir. Sebaliknya, Covid-19 masih ada dan kita masih harus tetap berjuang hingga Covid-19 benar-benar lenyap dari Indonesia dan muka bumi ini,” ungkap Khofifah usai menerima penghargaan Gatra Awards 2020 di Palembang, Selasa (1/12/2020).

Khofifah menyebut mustahil dia bisa bekerja sendiri mengendalikan dan menuntaskan pandemi ini. Oleh karena itu, penghargaan ini tepatnya dipersembahkan kepada Forkopimda Provinsi Jatim, TNI- POLRI, Jaksa, Hakim dan Satpol PP yang secara kontinyu melakukan operasi yustisia disiplin bermasker. Selain itu kepada Forkopimda  kabupaten/kota, swasta, media, perguruan tinggi, dokter dan tenaga kesehatan, relawan, dan tentu kepada seluruh masyarakat Jatim yang bahu-membahu mengatasi pandemi Covid-19 ini.

Khofifah menyebut kunci keberhasilan pengendalian Covid-19 di Jatim adalah strong partnership. Mengingat, pandemi Covid-19 adalah situasi yang baru benar-benar dihadapi tanpa ada referensi mana yang baik, efektif, dan memberikan percepatan pemulihan. Maka semua harus saling sinergi dan kolaborasi untuk  menangani dan mengendalikan penyebaran Covid-19.

Strong partnership tersebut, lanjut Khofifah, dilakukan sambil learning by doing, mencari format yang paling efektif, dan terus mengenali jurnal-jurnal terbaru dari WHO, Kemenkes, Laboratorium Dunia sebagai best practice dalam penanganan Covid-19. Dan menemukenali pola perilaku dan persepsi masyarakat terhadap Covid-19. “Hari ini kita siap-siap dengan Satgas Vaksin di Jatim. Mudah-mudahan semua berseiring untuk bisa menangani  Covid-19 dengan cepat dan efektif,” kata dia.

Sementara itu, Wapres RI Ma’ruf Amin melalui video conference mengatakan, setahun ini Indonesia dan dunia berjuang menghadapi Pandemi Covid-19. Wapres yakin bahwa Indonesia akan mampu menghadapi ujian ini, bangkit menjadi bangsa yang lebih tangguh dan kuat, serta memiliki solidaritas tinggi kepada sesama.

Menurutnya, sejak awal pandemi, bisa dilihat berbagai upaya dan kebaikan yang dilakukan bersama dalam mengatasi pandemi Covid-19, sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Pada kesempatan yang sama, Wapres Ma’ruf juga ingin menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah memberikan kontribusi konkrit sebagai pelopor, inovator, pendobrak, penggerak perubahan, maupun pembawa perbaikan. “Selamat kepada penerima Gatra Awards 2020. Semuanya telah memberikan dorongan semangat dan inspirasi bagi sesama,” pungkasnya. fan, tri

baca juga :

Jenazah Vanessa Angel Diprediksi Tiba Jumat Pagi, Rencana Dimakamkan Bersebelahan

Redaksi Global News

Pasukan Chechnya Pimpinan Kadyrov Bantu Putin Serang Ukraina

Redaksi Global News

Tambah Kedalaman Skuad, Persita Borong Tiga Pemain