Global-News.co.id
Indeks Tapal Kuda Utama

Pilkada Situbondo, Paslon Karna Suswandi – Khoirani Unggul

– Paslon kepala daerah nomor urut 1 Karna Suswandi – Nyai Khoirani (Karunia) menang berdasarkan hitung cepat KPU Situbondo.

SITUBONDO  (global-news.co.id) –  Paslon kepala daerah nomor urut 1 Karna Suswandi – Nyai Khoirani (Karunia) menang berdasarkan hitung cepat KPU Situbondo.

Berdasarkan tayangan LCD Protektor, pasangan calon (Paslon) nomor urut 1 Karna Suswandi – Nyai Khoirani (Karunia) telah mendapatkan suara 55,1 persen. Sedangkan rivalnya paslon nomor urut 2, Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi (Mulya Abadi) hanya memperoleh 44,9 persen suara.

Menurut Ketua KPU Situbondo Marwoto, proses hitung cepat untuk Kabupaten Situbondo memang agak lama, sebab ada masalah dalam jaringan. “Kita harus melakukan input secara manual. Yakni meminta petugas TPS untuk mengirimkan hasil suara ke kecamatan. Kemudian dari kecamatan dikirim ke Bawaslu Situbondo,” jelasnya, Rabu (9/12/2020) malam.

Selain KPU, tim pemenangan Bung Karna juga melakukan hitung cepat. Versi mereka, pasangan Karunia unggul 36.042 suara dari pasangan Mulya Abadi. Atau sekitar 14,5 persen.

Koordinator Pemenangan Pasangan Karunia Zainiye mengatakan, data tersebut diambil dari laporan hasil suara di 12 kecamatan yang masuk hingga pukul 18.00. Sementara, untuk lima kecamatan lainnya masih menunggu. “Namun secara hitung-hitungan politis dan statistik, pasangan nomer urut 01 Karunia sudah unggul cukup jauh. Jadi sulit untuk dikejar oleh lawan dan hampir bisa dipastikan Karunia menang dalam Pilkada 2020 ini,” tuturnya.

Menurut Zeiniye, suara Karunia unggul di sepuluh kecamatan. Yakni Banyuputih, Asembagus, Jangkar, Arjasa, Mlandingan, Suboh, Jatibanteng, Sumbermalang dan Banyuglugur. Sementara Kapongan dan Mangaran kalah tipis,” terangnya.

Sementara untuk data yang belum masuk, Kata Zainiye adalah kecamatan Panji, Situbondo, Panarukan, Kendit dan Bungatan. “Namun bukan tidak masuk sama sekali. Beberapa TPS di lima kecamatan tersebut sudah masuk. Tapi belum total. Sehingga tidak bisa diakumulasi hasilnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Zainiye berharap, KPU bisa benar-benar provesional dalam melaksanakan tugas. Sehingga suara milik Karunia tetap utuh dan sesuai dengan hasil pemilihan. “Namun kami yakin, KPU tidak akan main-main dalam mengawal hasil Pilkada 2020,” tukasnya. tyo, sir

baca juga :

Tolak Jabatan Menteri, Risma Pilih Selesaikan Tugas hingga Akhir Masa Jabatan

Redaksi Global News

Setelah Menyerahkan Diri, 2 Tersangka Kasus Korupsi Ekspor Benih Lobster Ditahan di Rutan KPK

Redaksi Global News

Khofifah Bagikan 1,3 Juta Kartu Internet Gratis untuk Pelajar SMA, SMK, SLB

Redaksi Global News