Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Penerimaan Pajak 2020 Masih Kurang Rp 273,5 Triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani

JAKARTA (global-news.co.id) – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi penerimaan pajak hingga saat ini telah mencapai Rp 925,3 triliun atau 77,19% dari target dalam APBN 2020. Penerimaan pajak masih kurang Rp 273,5 triliun dari target sebesar Rp 1.198,8 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, penerimaan November kembali melanjutkan tren perbaikan penerimaan pajak dibandingkan pada kuartal III. “Pemulihan terbatas terlihat pada mayoritas jenis pajak utama dan sektor usaha utama serta efektifnya upaya yang dilakukan,” kata Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (21/12/2020).

Secara nominal, realisasi penerimaan pajak ditopang oleh Pajak Penghasilan (PPh) non migas dan Pajak Pertambahan Nilai/Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPN/PPnBM). Lebih detail, kinerja PPh OP dan PPh Badan membaik pada  November. “Kinerja PPN DN membaik seiring dengan selesainya periode pengetatan PSBB pada pertengahan Oktober, sedangkan PPN Impor yang menunjukkan perbaikan memberi sinyal membaiknya pasokan impor dan aktivitas produksi,” katanya

Lalu, penerimaan masih akan terus berakselerasi sejalan dengan pemulihan aktivitas ekonomi dan peningkatan pemanfaatan insentif pajak serta restitusi.
“Sementara itu pemulihan sektoral masih berlanjut meskipun terbatas, terlihat dari membaiknya kinerja beberapa sektor utama, seperti sektor Perdagangan, sektor Pertambangan, sektor Jasa Keuangan dan sektor Jasa Usaha,” tandasnya. jef, ins

baca juga :

Erick Thohir Beberkan Dua Tugas Berat BNI

Redaksi Global News

Shane: Hindari Konflik, Ling Tien Kung Harus Terbuka

gas

Takziyah ke Keluarga Korban Serangan di Yalimo, Gubernur Khofifah Kuatkan Anak dan Keluarga yang Ditinggalkan

Redaksi Global News