Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

BPSDM Jatim Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Pasca Dirawat

Gubernur Khofifah meninjau langsung kondisi Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jatim, yang rencananya akan kembali dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19 pasca dirawat.  

SURABAYA (global-news.co.id) – Upaya penanganan pandemi Covid-19 tak henti-hentinya dilakukan Pemprov Jawa Timur. Tak hanya tracing dan imbauan mematuhi Protokol Kesehatan yang makin masif, tapi kesiapan fasilitas dan sarana kesehatan juga tak luput dari perhatian.

Sabtu (26/12/2020) pagi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung kondisi Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jatim, yang rencananya akan kembali dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19 pasca dirawat.

Sebelumnya, Gedung BPSDM Jatim telah digunakan sebagai tempat isolasi dan ruang tunggu bagi masyarakat yang tengah menunggu hasil tes PCR hingga pasien Covid-19 yang berkategori ringan. Kali ini, gedung BPSDM Jatim, akan digunakan juga bagi pasien Covid-19  tanpa gejala klinis dan telah menjalani perawatan selama 10 hari. Di mana saat ini, pedoman Kemenkes RI menyebutkan bahwa pasien tanpa gejala cukup di isolasi 10 hari saja karena virus sudah tidak menular lagi setelah 10 hari.

Meskipun demikian, berdasarkan National Centre for Infectious Disease, disebutkan bahwa beberapa pasien Covid-19 masih bisa memiliki hasil swab yang positif meski telah melewati 10 hari isolasi dan sudah tidak menular. NCID menyebutkan bahwa pada 5% pasien Covid-19, hasil swabnya masih bisa positif sampai lebih dari 33 hari dan 32% masih bisa positif sampai lebih dari 21 hari. Hal ini mengakibatkan berbagai kesalahpahaman di masyarakat karena dianggap pasien yang masih positif sudah dipulangkan. Pada kenyataannya, pasien tersebut sebenarnya sudah tidak menularkan lagi.
“Untuk mengurangi adanya perbedaan pemahaman di masyarakat terkait masalah periode infeksius dan hasil swab yang positif melebihi sepuluh hari isolasi ini , maka mulai hari ini BPSDM yang ada di Balongsari bisa menerima pasien-pasien yang sebelumnya sudah menerima perawatan selama sepuluh hari, tidak ada gejala klinis, namun masih positif,” ungkap Gubernur Khofifah.

Selain itu, hal ini juga diharapkan bisa menurunkan pelaksanaan isolasi mandiri masyarakat apabila rumah pasien kurang memenuhi syarat  untuk isolasi. Inilah kondisi dimana sesungguhnya diharapkan agar masyarakat tidak melakukan isolasi mandiri.
“Jangan isolasi mandiri, kalau rumahnya tidak memungkinkan. Kami sudah berkomitmen untuk menyediakan fasilitas yang terbaik untuk memastikan isolasi yang optimal di BPSDM maupun di Rumah Sakit dan rumah sakit darurat  lapangan, silakan dimanfaatkan sebaik mungkin,” pesan Khofifah.

Penggunaan kembali gedung BPSDM Jatim ini dijelaskan Khofifah sebagai langkah pencegahan terhadap naiknya angka konfirmasi positif Covid-19 akhir-akhir ini.
“Pagi ini, saya bersama  dr Joni selaku Koordinator Tim Kuratif  dan  Kadinkes ke Gedung BPSDM Jatim di Surabaya. Harapannya untuk bisa memberikan penanganan lanjutan pasca pasien dirawat di Rumah Sakit. Kalau tidak ada penanganan lanjutan maka di Rumah Sakit bisa bertumpuk. Harapannya, penggunaan BPSDM ini juga bisa membantu merelaksasi beban rumah sakit di Jawa Timur khususnya di Surabaya,” tandas orang nomor satu di Jatim ini. tri

baca juga :

Bantu Tingkat Kesejahteraan Masyarakat, Bank Jatim Salurkan CSR ke Pemkab Banyuwangi

Redaksi Global News

Unggulan Tumbang, Pemain Muda Tampil Mengejutkan

GLOBAL NEWS EDISI 234 (27 Februari-4 Maret 2020)

Redaksi Global News