Global-News.co.id
Indeks Mancanegara Utama

Al Jazeera Ungkap Hanya Indonesia yang Pesan Vaksin Covid-19 Buatan Tiongkok

DOHA (global-news.co.id) –   Al Jazeera mengungkap satu data bahwa hanya Indonesia yang memesan Vaksin Virus Corona buatan Tiongkok, Sinovac, dari 20 negara yang telah memesan vaksin.

Di samping itu, media berbasis di Qatar, ini juga mengungkap data hasil riset terkait pengaruh 10 jenis vaksin terhadap imunitas tubuh. Hasilnya, Vaksin Sinovac pengaruhnya masuk kategori low (rendah), sementara beberapa merek vaksin lain masuk kategori moderat atau 94-95 persen seperti Vaksin Pfizer dan Moderna. Pfizer dan Moderna adalah vaksin buatan Amerika Serikat, Jerman.

Al Jazeera mengungkap fakta itu berdasarkan data riset yang dilakukan Reuters. Berdasarkan data yang diungkap Al Jazeera sebagaimana dikutip, Minggu (20/12/2020), ada 20 negara (tidak termasuk Uni Eropa) yang telah memesan vaksin untuk mengatasi pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Ke-20 negara yang telah memesan vaksin tersebut adalah Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Italia, Denmark, Belanda, Prancis, Kanada, Tiongkok, Brasil, Meksiko, Argentina, India, Spanyol, Australia, Indonesia, Uzbekistan, Mesir, Nepal, dan Israel.

Data Reuters menunjukkan bahwa ada 10 jenis Vaksin Virus Corona yang siap dan telah diproduksi sejumlah perusahaan farmasi dari sejumlah negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Jerman dan Tiongkok.

Ke-10 jenis Vaksin Virus Corona tersebut adalah sebagai berikut:

  1. AstraZeneca (Inggris)
  2. Cansino Bilogics
  3. Gamaleya Reserach Institute
  4. Inovio-Cepi (Amerika Serikat)
  5. Johnson & Johnson Barda Janssen
  6. Moderna (Amerika Serikat).
  7. Novavax (Amerika Serikat).
  8. Pfizer-Biontech (Amerika Serikat-Jerman)
  9. Sinopharm-Beijing Institute of Bilogical Products (Tiongkok)
  10. Sinovac (Tiongkok)

 

Berdasarkan tabel di bawah ini dipaparkan dampak  ke-10 jenis vaksin tersebut terhadap imunitas tubuh relawan uji coba.

Dampak 10 jenis vaksin terhadap imunitas tubuh.

Sekadar contoh, Vaksin Moderna berdampak 94,5 % terhadap imunitas tubuh. Vaksin Pfizer berdampak 95 % terhadap imunitas tubuh. Tetapi, Sinovac memiliki dampak terhadap imunitas tubuh yang masuk kategori low atau rendah.

Al Jazeera juga mengungkap tabel negara-negara mana saja yang telah memesan 10 jenis vaksin. Hasilnya, hanya Indonesia yang memesan Vaksin Sinovac buatan Tiongkok. Indonesia memesan 40 juta Vaksin Sinovac. Tiongkok  sendiri justru memesan vaksin AstraZeneca buatan Inggris sebanyak 200 juta.

Daftar negara pemesan vaksin virus Corona.

wah, rtr, gel

baca juga :

Pakde Karwo: Aman dan Damai Harga Mati di Jatim!

Redaksi Global News

Presiden Resmikan Projek Hilirisasi Industri Batubara

Redaksi Global News

Dispendukcapil Surabaya Tuntaskan Masalah Adminduk 6 Anak Eks-Dolly

Redaksi Global News