Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Tur Online Museum dan Surabaya Heroic Track Bakal Diikuti 300 Peserta Melalui Virtual

Museum 10 November Tugu Pahlawan Surabaya sebelum pandemi Covid-19.

SURABAYA (global-news.co.id) — Meski di tengah pandemi Covid-19, Pemkot Surabaya tetap berupaya menyajikan kegiatan sebagai bagian dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2020.  Salah satu agenda kegiatan itu adalah Tur Online Museum serta Wisata Kepahlawanan atau Heroic Track.
Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan Tur Online Museum dan Heroic Track merupakan agenda kegiatan yang memperkenalkan beberapa obyek wisata bersejarah di Kota Surabaya. Dengan menggunakan aplikasi online, selama kegiatan berlangsung peserta dipandu oleh guide lokal serta narasumber ahli sejarah.
“Jadi saat kegiatan berlangsung, para peserta dapat menyampaikan pertanyaan dan akan ditanggapi oleh guide maupun narasumber,” kata Febriadhitya di kantornya, Jumat (13/11/2020).
Menurut dia, rangkaian kegiatan memperingati Hari Pahlawan ini bertujuan untuk memperkenalkan objek wisata yang memiliki nilai kepahlawanan kepada masyarakat, khususnya para pelajar Surabaya. Selain itu pula untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai objek wisata kepahlawanan. “Terlebih, untuk meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda atau pelajar,” papar dia.
Untuk pelaksanaan kegiatan Tur Online Museum, kata Febri, bakal berlangsung selama dua hari, yakni 14 – 15 November 2020 dengan mengambil tema “Heroisme Pahlawan Surabaya”. Rangkaian tur online ini akan mengisahkan perjalanan semangat kepahlawan. “Mulai dari tokoh-tokoh perjuangan sejak masa pra Nusantara, masa Kebangkitan, hingga pasca Kemerdekaan,” ungkap dia.
Pada hari pertama 14 November 2020, para peserta akan diajak mengunjungi Museum Surabaya (Raden Wijaya), Museum WR. Supratman dan Museum Pendidikan (Ki Hajar Dewantara) melalui virtual. Sedangkan hari kedua 15 November 2020, peserta diajak mengunjungi Museum H.O.S Tjokroaminoto, Museum DR. Soetomo, dan Museum 10 November.
Sementara itu, untuk pelaksanaan kegiatan Surabaya Heroic Track Tahun 2020 secara online akan berlangsung pada Selasa, (17/11/2020), mulai pukul 10.00  hingga selesai. Lokasinya, berada di Museum HOS Tjokroaminoto dan Museum 10 November Tugu Pahlawan Surabaya. “Peserta merupakan pelajar SD – SMP di Kota Surabaya sekitar 300 orang. Mereka mengikuti rangkaian kegiatan ini melalui aplikasi zoom,” katanya.
Meski demikian, masyarakat umum juga dapat mengikuti rangkaian Tur Online Museum serta Surabaya Heroic Track melalui media sosial instagram resmi milik Pemkot Surabaya. Yakni, @Surabaya, @Surabayasparkling dan @Sapawargasby. pur

baca juga :

Ribuan Warga Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Masjid Al Akbar

Redaksi Global News

Resmikan Tol Surabaya Mojokerto, Jokowi Test Drive Mobil Listrik ITS  

Redaksi Global News

Kapolresta Sidoarjo Pantau Arus Lalin dengan Gowes dan Berbagi

Redaksi Global News