Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Tembus Rp 5.759 Triliun, BI Pastikan Posisi Utang Luar Negeri Masih Sehat

BI mencatat posisi ULN Indonesia pada akhir kuartal III 2020 tercatat sebesar 408,5 miliar dolar AS atau setara Rp 5.759 triliun (dengan kurs Rp 14.100 per dolar AS) . 

JAKARTA (global-news.co.id) – Bank Indonesia (BI) memastikan struktur Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia tetap sehat, didukung penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.
Sebagai informasi, posisi ULN Indonesia pada akhir kuartal III 2020 tercatat sebesar 408,5 miliar dolar AS atau setara Rp 5.759 triliun (dengan kurs Rp 14.100 per dolar AS) terdiri dari ULN sektor publik (Pemerintah dan Bank Sentral) sebesar 200,2 miliar dolar AS dan ULN sektor swasta (termasuk BUMN) sebesar 208,4 miliar dolar AS.
Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ULN Indonesia pada akhir kuartal III 2020 tercatat sebesar 3,8% (yoy), menurun dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 5,1% (yoy), terutama dipengaruhi oleh transaksi pembayaran ULN swasta.
Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onny Widjarnako mengatakan, rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada akhir kuartal III 2020 sebesar 38,1%, sedikit meningkat dibandingkan dengan rasio pada bulan sebelumnya sebesar 37,4%.
“Sementara itu, struktur ULN Indonesia yang tetap sehat tercermin dari besarnya pangsa ULN berjangka panjang yang mencapai 89,1% dari total ULN,” kata Onny di Jakarta, Senin (16/11/2020).
Dalam rangka menjaga agar struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan Pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam memantau perkembangan ULN, didukung dengan penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.
“Peran ULN juga akan terus dioptimalkan dalam menopang pembiayaan pembangunan dan mendorong pemulihan ekonomi nasional, dengan meminimalisasi risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian,” katanya. jef

baca juga :

411 Personel Disiagakan di 17 Titik Penyekatan Perbatasan Kota Surabaya

Titis Global News

Four Points by Sheraton Lebarkan Sayapnya di Surabaya

Redaksi Global News

Daerah Merah Pandemi Covid-19 Berpotensi Banyak Pelanggaran di Pilkada

gas