Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Reformasi Birokrasi Dipercepat, Jokowi Minta ASN Adaptif Teknologi

Presiden Jokowi

JAKARTA (global-news.co.id) – Pemerintah akan terus mempercepat reformasi birokrasi dan struktural agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam bekerja dengan sigap dan cepat, meski sedang berada di tengah pandemi virus corona (Covid-19).
Presiden Jokowi menegaskan gelombang pandemi yang melanda saat ini memberi momentum perubahan fundamental dari cara biasa menjadi cara luar biasa. Hal ini Jokowi sampaikan dalam peringatan HUT ke-49 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).
“Saya tahu dalam menjalankan tugas dari negara pasti ditemui banyak kesulitan, pasti memiliki banyak keterbatasan. Namun, saya berharap kesulitan dan keterbatasan itu tidak menjadi penghalang bagi kita untuk dapat bekerja dengan sigap dan cepat untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan baik di bidang kesehatan maupun ekonomi,” kata Jokowi dalam sambutan virtual yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (29/11/2020).
Tak hanya itu, Jokowi meminta para birokrat harus terbiasa memanfaatkan teknologi. Sebab, era pandemi membuat sebagian besar birokrat harus bekerja dari rumah, mempercepat transformasi digital, serta menjadikan aparat birokrasi lebih adaptif dan lebih terampil memanfaatkan teknologi dengan mengedepankan inovasi dan kreativitas.
“Selain itu, reformasi struktural sudah tidak bisa ditunda-tunda lagi. Regulasi yang rumit dan menghambat kreativitas kerja harus dipangkas dan disederhanakan. Kelembagaan pemerintahan yang gemuk, tumpang tindih, dan tidak efisien harus segera diintegrasikan,” imbuhnya.
Jenjang eselonisasi yang panjang harus dapat dipangkas untuk mempercepat pengambilan keputusan, sehingga SOP yang panjang dan kaku dapat diringkas dan lebih fleksibel serta berorientasi pada hasil. Meski konsekuensinya, kompetensi SDM aparatur sipil negara harus menyesuaikan.
Di sisi lain, Jokowi juga meminta ASN harus tetap menjalankan tugas kebangsaan. Keberadaan ASN di seluruh wilayah Indonesia, menurut Jokowi, merupakan simpul pemersatu bangsa yang selalu mengamankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, tunduk pada NKRI, hingga menjaga nilai Bhinneka Tunggal Ika, toleransi dan kerukunan.
“Keberadaan ASN di seluruh wilayah Indonesia juga harus bekerja untuk memotori pembangunan di seluruh pelosok Indonesia, menyampaikan prioritas program pembangunan nasional kepada masyarakat, aktif dalam pendidikan masyarakat, memberikan teladan dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadi motor pembangunan dan perubahan, terutama untuk masyarakat di daerah-daerah pinggiran dan terpencil,” paparnya.
Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengajak seluruh anggota Korpri untuk menjadi bagian penting dari proses perubahan besar yang sedang pemerintah jalankan, sehingga dapat memberikan warisan berharga dalam sejarah perjalanan bangsa untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Maju. dja, bis

baca juga :

Angka Stunting di Surabaya Terus Menurun Selama 5 Tahun

Redaksi Global News

Gubernur Jatim Dorong Kepala Desa Terus Berinovasi Majukan Daerah

Redaksi Global News

Liga 1: Aji Waspadai Kekuatan Persita

Redaksi Global News