Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Putus Mata Rantai Penyebaran, Risma Gencar Lakukan Testing di Mal se-Surabaya

Ilustrasi tes swab yang dilakukan Pemkot Surabaya.

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya Tri Rismaharini bersama jajarannya terus memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kali ini Pemkot Surabaya gencar mendatangi tempat keramaian untuk mendeteksi dini dengan tes swab secara masif.
Setelah beberapa waktu lalu, jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya melakukan swab masal di kawasan perbatasan kota, kali ini Risma kembali meminta testing untuk digelar di lingkungan industri, hotel dan mal. Bahkan, swab di beberapa kawasan tersebut, sebelumnya sudah pernah dilakukan.
Dalam kesempatan itu, Risma mengatakan setiap hari rata-rata, Dinkes Surabaya telah melakukan testing kurang lebih sekitar tiga ribu spesimen. Menurut dia, ini menjadi penting untuk dilakukan meskipun Covid-19 diklaim sudah dapat dikendalikan namun tak berarti testing berhenti begitu saja.
“Kemarin kita sudah lakukan di warga perbatasan kota. Sekarang kita fokus ke hotel, pertokoan dan mal. Jadi bukan berhenti, kita terus lakukan testing yang jumlahnya ribuan. Satu hari mencapai tiga ribu,” kata Risma, Selasa (24/11/2020).
Presiden UCLG ASPAC ini menjelaskan, untuk mekanisme pelaksanaan swab di mal yakni, jika jumlah karyawan yang di swab kurang dari seratus orang maka, mereka yang akan datang ke puskesmas terdekat dari mal itu. Sedangkan apabila karyawan yang akan di swab jumlahnya lebih dari seratus orang, maka petugas lah yang akan mendatangi mal tersebut dan menggelar swab di lokasi.
“Kita tidak menunggu pasien. Tapi kita masih dan terus melakukan swab,” tegas dia.
Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Surabaya Febria Rachmanita, menambahkan tes swab yang dilakukan di kawasan mal sejak awal November sudah mencapai 5.082 spesimen. Dia merinci, dari angka itu hasil yang sudah keluar berjumlah 4.328 pasien.
“Untuk hasilnya pasien yang negatif 4.134 karyawan atau 81,35 persen. Kemudian untuk yang terkonfirmasi hanya 130 orang karyawan,” urai Febria Rachmanita
Feny – sapaan akrab Febria Rachmanita ini pun mengungkapkan, angka lebih dari lima ribu pasien yang di swab itu merupakan total kumulatif seluruh mal se-Surabaya. Bahkan dia menyebut kemarin, Senin (23/11/2020) pelaksanaan swab berlangsung di kawasan Surabaya selatan dan pusat. “Totalnya khusus dua mal itu ada 435 karyawan. Sekarang masih sedang menunggu hasil,” paparnya.
Terakhir, Feny menambahkan swab berikutnya akan menyasar kepada siswa-siswi pelajar SMP untuk persiapan proses belajar mengajar tatap muka. Ia berharap meskipun kondisi sudah dapat dikendalikan, namun Feny meminta agar masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan (prokes). “Mudah-mudahan dari gencarnya swab yang kami lakukan secara istiqomah ini pandemi Covid-19 akan segera hilang dari bumi Surabaya,” pungkasnya. pur

baca juga :

Dongkrak Literasi dan Inklusi Keuangan, Gubernur Khofifah Luncurkan SiMOLEK

Redaksi Global News

Kesehatan Gigi Anak Perlu Perhatian Lebih

Redaksi Global News

2 Hari, SD Dr Soetomo 5 Surabaya Kumpulkan Koin Rp 16 Juta Lebih

Redaksi Global News