Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Picu Lonjakan Penularan, IDI Minta Pemerintah Tiadakan Cuti Bersama

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih 

JAKARTA (global-news.co.id) – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mencatat peningkatan kasus Covid-19 seringkali terjadi setelah adanya libur bersama atau cuti bersama. Hal ini belajar dari libur pada Agustus dan beberapa waktu lalu. Karena itu IDI meminta pemerintah meniadakan cuti bersama guna menekan penyebaran Covid-19.
“Libur bersama itu memicu kerumunan aktivitas berkerumun,” kata Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih saat konferensi pers, Senin (30/11/2020).
Untuk mencegah lonjakan kasus terjadi, IDI meminta agar kebijakan libur bersama ditiadakan. “Kami dari IDI memohon, sangat memohon ke pemerintah untuk mempertimbangkan barangkali kebijakan libur bersama, cuti bersama ditiadakan. Karena ini akan memicu kegiatan kerumunan dan akan memicu lonjakan penularan di masyarakat,” katanya.
Sebelumnya pemerintah telah membuat keputusan untuk melakukan pemangkasan libur akhir tahun. Namun hingga kini kepastian jumlah pemangkasannya masih belum diputuskan.
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa hal ini sudah dibahas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada rapat tadi pagi. Namun memang belum ada keputusan.
“Masih diminta dibicarakan dengan beberapa menteri dan lembaga yang waktu rapat tadi tidak diundang,” katanya.
Dia mengatakan secepatnya akan menggelar rapat dengan kementerian/lembaga terkait untuk membahas hal ini. Diharapkan awal Desember revisi surat keputusan bersama (SKB) terkait cuti bersama sudah bisa diterbitkan. “Insyaallah (bisa diterbitkan awal Desember),” ungkapnya.
Berdasarkan SKB Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PANRB No.440/2020, 03/2020, 03/2020, pada akhir tahun nanti terdapat satu hari libur nasional dan lima hari cuti bersama, yakni:
1. Kamis, 24 Desember 2020: Cuti Bersama Hari Raya Natal
2. Jumat, 25 Desember 2020: Libur Nasional Hari Raya Natal
3. Senin, 28 Desember 2020: Pengganti Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah
4. Selasa, 29 Desember 2020: Pengganti Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah
5. Rabu, 30 Desember 2020: Pengganti Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah
6. Kamis, 31 Desember 2020: Pengganti Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah. yan, ins

baca juga :

Siap Hadapi PS Tira, RD Pantau Kondisi Kim Jin Sung

Redaksi Global News

3 Mutasi Baru Virus Corona Ditemukan di Korsel

Redaksi Global News

Driver Ojol Unjuk Rasa, Minta Dishub Tindak Aplikator Nakal

Redaksi Global News