Global-News.co.id
Indeks Tapal Kuda Utama

Perbaikan Kualitas Hidup, Gencarkan Konsumsi Ikan

Istri Wakil Gubernur Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak mengampayekan Gemarikan di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Rabu (4/11/2020).

KAB PASURUAN (global-news.co.id) – Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak kembali melanjutkan safarinya mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di 17 kab/kota di Jatim. Setelah sebelumnya dilaksanakan di Kabupaten Probolinggo, kali ini, giliran Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan menjadi lokasi kesembilan yang dikunjungi istri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Rabu (4/11/2020).

Dalam arahannya, Arumi, sapaan akrab Ketua Forikan Jatim itu menyampaikan bahwa tujuan besar peningkatan konsumsi ikan adalah untuk perbaikan kualitas hidup masyarakat.  “Kalau secara keseluruhan bisa disingkat menjadi harapan kita untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat dari usia nol sampai dengan lansia,” tutur Arumi yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Provinsi Jatim ini.

Konsumsi ikan sendiri, dijelaskan Arumi, merupakan salah satu bentuk pemenuhan kebutuhan makanan bergizi dan seimbang yang tentunya akan berimbas kepada meningkatnya kualitas hidup, khususnya di sektor kesehatan. Dengan harga ikan yang terjangkau, dia meyakini bahwa hal ini bisa menjadi pilihan terbaik dalam pemenuhan gizi masyarakat.  “Ikan adalah salah satu solusi atau alternatif terbaik, ketika kita membicarakan soal gizi,” imbuhnya.

Arumi mencontohkan, kandungan lemak yang ada pada ikan terbukti lebih baik dari pada daging merah. Untuk itu, masyarakat diharapkan bisa menjadikan daging ikan sebagai pengganti asupan protein yang lebih terjangkau.  “Kalau lemak di ikan membawa kebaikan, kalau lemak di daging membawa kolesterol,” ujar Arumi mencontohkan.

Tak hanya itu, dia menyebut, ikan patin sebagai pilihan paling terjangkau untuk memenuhi kandungan lemak jika dibandingkan dengan kandungan lemak pada ikan salmon yang lebih mahal.  Untuk itu, lanjut Arumi, ada dua gol atau tujuan utama yang ingin dicapai melalui Gemarikan. Yang pertama adalah perlindungan kesehatan masyarakat dari Covid-19 yakni peningkatan daya tahan dan imunitas tubuh. Sedangkan tujuan yang kedua adalah penekanan angka stunting yang masih tercatat tinggi di Jatim.

Dalam acara tersebut juga diserahkan paket produk perikanan kepada 200 penerima. Masing-masing terdiri dari 3 kg produk olahan beku perikanan, 2 kg ikan segar, tiga buah masker serta produk olahan ikan lainnya seperti stik ikan dan kerupuk. sir, tri

baca juga :

Penyebaran Virus Melandai, Inggris Berencana Relaksasi Lockdown

Pemprov Jatim Diminta Ikut Bantu Atasi Banjir Rob Surabaya

Anggaran Dipotong dan Ingkar Janji, MPR Minta Jokowi Pecat Sri Mulyani

Redaksi Global News