Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Perang Survei, Hasil Poltracking Paslon Machfud-Mujiaman Unggul di Pilkada Surabaya

Istimewa
Pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota Surabaya Machfud Arifin-Mujiaman

 

SURABAYA (global-news.co.id) – Jelang perhelatan Pilkada Surabaya 9 Desember mendatang, dua kubu pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Surabaya mulai “perang” publikasi hasil survei. Melibatkan dua lembaga survei, kedua hasil survei bertolak belakang.

Poltracking Indonesia merilis hasil surveinya dalam Pilkada Surabaya. Hasilnya, elektabilitas pasangan calon nomor urut dua, Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno, unggul atas paslon nomor urut satu, Eri Cahyadi-Armudji. Hasil survei ini mementahkan hasil survei yang dilakukan Populi Center sebelumnya yang mempublikasikan hasil surveinya pasangan nomor urut satu, Eri Cahyadi-Armudji, mengungguli lawan mereka, Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno.

Poltracking Indonesia melakukan survei dalam rentang 19-23 Oktober 2020, atau lebih sedikit satu bulan dari hari pemungutan suara. Metode yang digunakan stratified multistage random sampling dengan 1.200 sampel yang menjangkau 31 kecamatan di Surabaya. Dalam survei ini memiliki margin error survei sebesar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Manajer Riset Poltracking Indonesia, Masduri, mengatakan berdasarkan hasil survei yang timnya lakukan, elektabilitas Machfud-Mujiaman sebesar 51,7 persen. Sementara Eri-Armuji hanya 34,1 persen. Sebanyak 9,2 persen belum menentukan pilihan, 5 persen merahasiakan pilihannya.

Begitu juga ketika figur calon tidak dipasangkan, maka hasil survei menunjukkan elektabilitas Machfud Arifin sebesar 51,9 persen, unggul atas Eri Cahyadi 34,3 persen. Sebanyak 6 persen pemilih merahasiakan jawaban dan 7,8 persen belum menentukan pilihannya.

Adapun elektabilitas Mujiaman 47,5 persen. Lebih unggul dari Armuji 30,7 persen dengan pemilih merahasiakan jawaban 10,4 persen dan pemilih belum menentukan pilihannya 11,4 persen. “Survei menunjukkan bahwa paslon Machfud-Mujiaman unggul atas Eri-Armuji,” kata Masduri di Surabaya, Senin (2/11/2020).

Survei Populi Eri Cahyadi Ungguli Machfud

Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji.

Sebelumnya lembaga survei independen, Populi Center juga mempublikasikan hasil surveinya menyongsong Pilkada Surabaya 9 Desember 2020 mendatang. Hasilnya, pasangan nomor urut satu, Eri Cahyadi-Armudji, mengungguli lawan mereka, Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno.

Survei Populi Center itu dilakukan pada 6 hingga 13 Oktober 2020 dengan menggunakan 800 responden yang dipilih secara acak bertingkat atau multistage random sampling. Adapun margin of error pada survei kali ini sebesar 4,0 persen dengan tingkat kepercayan 95 persen.

Peneliti Populi Center, Hartanto Rosojati, merinci sejumlah temuan dari hasil survei tersebut. Pertama, Machfud Arifin merupakan nama yang paling banyak dikenal dengan persentase 74,0 persen, diikuti oleh Eri Cahyadi dengan 68,8 persen, Armuji dengan 55,0 persen dan Mujiaman Sukirno 50,2 persen.

Kedua, nama Eri Cahyadi unggul untuk kategori akseptabilitas sebagai sosok yang dinilai mampu membawa perbaikan, sosok yang disukai, sering muncul di media sosial, paling memahami persoalan di Kota Surabaya, dan dinilai paling mampu menangani Covid-19.

Ketiga, dari sisi elektabilitas pasangan calon, Eri Cahyadi – Armuji merupakan pasangan yang paling dipilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota Surabaya periode mendatang dengan 41,0 persen, mengungguli pasangan Machfud Arifin – Mujiaman Sukirno dengan persentase 37,7 persen. Adapun yang tidak menjawab 21,3 persen.

“Jadi, secara popularitas Pak Machfud Arifin lebih unggul, tapi elektabilitasnya masih kalah dibanding Pak Eri Cahyadi,” kata Hartanto kepada wartawan, Jumat (30/11/2020).

Dia menambahkan, untuk tingkat partisipasi, sebesar 80,7 persen mengaku akan menggunakan hak pilihnya. Sebesar 14,2 persen menjawab masih mempertimbangkan situasi perkembangan Covid-19. Kemudian sebesar 23 persen menjawab tidak datang ke TPS. pur, cty, tim

 

baca juga :

Semester I 2020, SIG Bukukan Kenaikan Laba Bersih 26,3%

Redaksi Global News

Seksi Ketiga Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Dinyatakan Siap Dioperasikan

Redaksi Global News

Start Posisi ke-5, Dovizioso Juara Seri Perdana MotoGP 2018

Redaksi Global News