Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Pemprov Jatim Terima DIPA dan TKDD 2021

 

Penyerahan DIPA dan TKDD Pemprov Jatim diserahkan secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Negara, Rabu (25/11/2020) pagi.

JAKARTA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima Alokasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2021 untuk Pemprov Jawa Timur. DIPA dan TKDD tersebut diserahkan secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Negara, Rabu (25/11/2020) pagi.

Khofifah mengatakan Pemprov Jatim akan segera tancap gas melaksanakan instruksi presiden guna memaksimalkan penggunaan anggaran demi pembangunan di daerah yang dipimpinnya. Seluruh kebijakan dan program yang digulirkan Pemprov Jatim akan terus diselaraskan dengan program kebijakan pemerintah pusat.

“Semua akan segera kita lakukan percepatan sesuai instruksi presiden bahwa ada empat  fokus APBN tahun anggaran 2021 yaitu pertama bidang kesehatan,  untuk vaksin, sarpras kesehatan, lab dan penelitian. Kedua perlindungan sosial bagi kelompok miskin dan rentan. Ketiga pemulihan ekonomi nasional untuk dukungan UMKM dan dunia usaha. Keempat reformasi structural yaitu di bidang kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial yang akan  segera dibelanjakan dan  dimanfaatkan dana  yang sudah ditransfer oleh pemerintah pusat,” kata Gubernur Khofifah seusai mengikuti penyerahan DIPA dan TKDD secara virtual dari Badan Penghubung Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur di Jakarta.

DIPA sendiri adalah dokumen pelaksanaan anggaran yang disusun berdasarkan Keputusan Presiden mengenai rincian anggaran belanja pemerintah pusat. DIPA berfungsi sebagai dasar pelaksanaan anggaran setelah mendapat pengesahan dari Menteri Keuangan.

Sementara TKDD adalah dana alokasi transfer dari pemerintah pusat ke-38 kabupaten kota di Jawa Timur. Pemprov Jatim sendiri menerima TKDD senilai Rp 76,6 triliun dan untuk Dana Desa Pemprov Jatim menerima Rp 7,6 triliun.

Pada penyerahan DIPA dan TKDD Tahun 2021, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa fokus APBN tahun 2021 di antaranya untuk Kesehatan, Pemulihan Ekonomi Nasional, Perlindungan Sosial dan Reformasi Struktural.

“Vaksinasi dilakukan, pemulihan kesehatan dan perekonomian dilaksanakan, bantuan sosial segera disalurkan kepada masyarakat penerima, sehingga perekonomian bergerak, dan kita bisa menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya,” kata Presiden Joko Widodo.

Pada kesempatan yang sama Presiden Jokowi berpesan agar Kemeterian/Lembaga dan Kepala Daerah segera bergerak cepat untuk melaksanakan dan membelanjakan setelah DIPA dan TKDD diterima.

“Setelah DIPA dan TKDD diserahkan, Kementerian/ Lembaga dan Kepala Daerah harus segera memanfaatkan dan harus segera membelanjakan untuk dapat menggerakkan ekonomi kita,” pesan Jokowi.

Presiden Jokowi juga menginstruksikan agar Kementerian/Lembaga juga melakukan Reformasi Anggaran dengan memegang prinsip cermat, efektif dan efesien.

“Tugas utama kita adalah membantu masyarakat, setiap rupiah uang rakyat harus dibelanjakan untuk kepentingan rakyat,” tegasnya. jef, yan

baca juga :

Jelang Pelaksanaan Gapeka 2023: Manajemen KAI Commuter Lakukan Persiapan

Korea Terbuka 2022, Dua Ganda Campuran Indonesia ke Perempat Final

Minggu Sore Ini, Parade Surabaya Juang Digelar

Redaksi Global News