Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Libur Panjang Akhir Tahun, Satgas Belum Usulkan Rekomendasi

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito

JAKARTA (global-news.co.id) – Satgas Penanganan Covid-19 akan mengevaluasi jumlah kasus pasca libur panjang akhir Oktober 2020. Menurutnya, jika dampaknya signifikan pada peningkatan kasus positif Covid-19 maka ada kemungkinan libur akhir tahun ditiadakan.
Saat dikonfirmasi soal wacana ini, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, belum menyiapkannya secara detil. Dia juga belum dapat memastikan kapan rekomendasi tersebut selesai disiapkan. “Belum,” katanya, Minggu (22/11/2020).
Dia mengatakan bahwa terkait hal ini Satgas masih melakukan observasi situasi yang ada saat ini. “Kita masih mengobservasi perkembangan situasi dan keadaan,” katanya.
Wiku mengatakan sebelumnya bahwa apapun yang diputuskan pemerintah bertujuan untuk melindungi masyarakat.
“Terlepas diberlakukannya, dipersingkatnya atau ditiadakannya libur akhir tahun keputusan yang diambil pemerintah tentunya dalam upaya untuk melindungi masyarakat dari potensi penularan Covid-19. Ingat keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi,” katanya.
Dia mengatakan bahwa Satgas terus belajar dari segala pengalaman pemberlakukan libur panjang di masa pandemi Covid-19. “Dan ini kami berharap menjadi pembelajaran bersama untuk menghadapi aktivitas liburan yang akan datang,” ungkapnya.
Lebih lanjut Wiku mengatakan bahwa keputusan yang dibuat pemerintah sangat bergantung pada kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. “Apabila masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan sehingga kasusnya meningkat maka tentu ada konsekuensi terhadap keputusan yang diambil oleh pemerintah terkait masa libur akhir tahun,” katanya.

Tambah 4.360 Kasus
Sementara itu kasus konfirmasi positif virus Corona pada hari ini, Minggu (22/11/2020) bertambah 4.360 orang sehingga totalnya menjadi 497.668 orang.
Selain itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melaporkan ada penambahan 4.233 kasus sembuh sehingga totalnya menjadi 418.188 orang.
Sementara itu kasus meninggal tercatat bertambah 110 menjadi 15.884 orang.
Hari ini tercatat jumlah suspek sebanyak 64.502 orang, spesimen yang diperiksa 35.989, dan sebanyak 505 kabupaten/kota di Indonesia terdampak Covid-19.
Pada Sabtu , kasus konfirmasi positif virus Corona (Covid-19) tercatat bertambah 4.998 orang sehingga totalnya menjadi 493.308 orang.
Sedangkan kasus sembuh bertambah 3.403 sehingga totalnya menjadi 413.955 orang. Di sisi lain, kasus meninggal akibat Covid-19 pada Sabtu bertambah 96 orang sehingga totalnya menjadi 15.774 orang. wah, bis, ins

baca juga :

Ditahan PSIS Tanpa Gol, Arema Belum Mampu Raih Poin Penuh

Redaksi Global News

Di Hari Kartini Yuni Raja’e Ajak Kaum Hawa Kreatif Partisipatif 

gas

Walikota Eri Dorong Para Guru di Surabaya Manfaatkan Platform Merdeka Belajar