Global-News.co.id
Indeks Malang Raya Utama

Gubernur Khofifah Resmikan Pusat Studi Jawa Timur

Gubernur Khofifah Indar Parawansa usai meresmikan pusat studi Jawa Timur ini, Jumat (13/11/2020).

KOTA MALANG (global-news.co.id) – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kembali  membuat terobosan baru dengan mendorong pemikiran dan kajian strategis dengan meresmikan Pusat Studi Jawa Timur.
Acara launching pusat studi ini dilaksanakan di Gedung Bundar Universitas Islam  Malang ( Unisma) dihadiri oleh pejabat Pemprov Jatim, Kepala Daerah Malang Raya dan Pimpinan Unisma serta Duta Besar RI untuk Nigeria.
Pusat Studi ini digagas  oleh Unisma , bermula dari pemikiran mengenai pentingnya menumbuhkan kajian strategis, penelitian dan untuk memperkuat elan dan jati diri Jawa Timur sebagai The Imagined Community.
Pusat Studi juga dimaksudkan sebagai wadah pemikiran dan forum diskusi ahli serta lembaga studi yg melakukan penelitian dan pemikiran strategis berfokus pada lokus Jawa Timur.
“Kini setelah Jawa Timur baru saja memperingati HUT ke -75, Menuju Indonesia Emas, kita perlu kajian mendalam bidang peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia,  pemerintahan, bidang pendidikan, bidang manajemen, kajian hukum Islam, bidang kedokteran, bidang teknologi, bidang ekonomi syariah  bahkan kajian pembuatan kebijakan strategis (strategic policy formulation ) yang akan dibutuhkan oleh generasi mendatang dan Jawa Timur ke depan” ujar Khofifah usai meresmikan pusat studi Jawa Timur ini, Jumat (13/11/2020).
Khofifah juga menjelaskan  agar Pusat Studi ini   terhubung  dengan Dinas Kominfo Jatim, Bappeda Provinsi serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang menyediakan layanan informasi digital tentang perencanaan dan progress pembangunan di Jawa Timur.
Khofifah yakin bahwa dalam bangsa yang besar selalu menempatkan dasar- dasar kemanusiaan sebagaimana adab keunggulan.
Di dalam khasanah Islam kita punya konsep luhur untuk mengangkat harkat dan martabat manusia dan peradaban yang kita kenal dengan Al Kulliyatul Khams.
“Al Kulliyatul Khams ini yang harus diterjemahkan oleh para cendikiawan masa kini, dan dipraktekkan oleh penyelenggara negara, pemimpin masyarakat, dunia pendidikan tinggi bahkan generasi mendatang dalam dunia nyata,” tandasnya
Kalau Unisma punya jargon dari NU untuk Indonesia dan Peradaban Dunia maka sangat perlu melakukan kajian strategis sekaligus menghidupkan Al Kullyatul Khams ini. Nilai nilai itu ialah khifdud diin ( melindungi agama) ;  khifdun nafs (melindungi jiwa); khifdul maal (melindungi harta); ( khifdul  irdhi wan nasl ( melindungi martabat dan keturunan) serta  khifdul aql ( melindungi hak berpendapat). Kalau nilai nilai itu bisa dirumuskan kembali dalam dinamika multi kultur  tentu bisa membangkitkan kembali kejayaan peradaban bangsa Indonesia  dan propinsi Jawa Timur .
Khofifah berharap melalui Pusat Studi ini, para ilmuwan, para cendikiawan dan para abdi negara dan  pemerintahan dalam dan luar negeri serta para ahli asal Jawa Timur yang ada di seluruh dunia bisa duduk bersama tukar informasi terkini secara mendalam dan strategis jangka panjang.
Kuatnya kajian strategis akan mengembangkan jati diri yang lebih menjadikan provinsi ini sebagai provinsi strategis di Indonesia bahkan dunia.
“Saya tahu jejaring intelektual Jawa Timur sangat kuat sekali, mereka bahkan sebagian adalah orang orang sukses di kampus- kampus bertaraf dunia dan profesional andal di perusahaan besar. Saya berharap mereka punya tempat di sini untuk presentasi pengalaman dan menyuntikkan kunci kunci sukses atau sekedar ngopi  ilmiah atau lesehan akademik dimana saja  mereka akan  menanam benih intelektualitas dan pembelajaran baik lainnya,” pungkasnya. sir, tri

baca juga :

Presiden Perintahkan Audit Seluruh Stadion Sepakbola di Indonesia

Redaksi Global News

Diduga Jatuh dan Meledak di Kepulauan Seribu, Serpihan Pesawat Sriwijaya Air Ditemukan

Redaksi Global News

Jelang Piala Dunia U-17, Pemkot Surabaya Pasang Penguat Sinyal di Stadion GBT

Redaksi Global News