Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Risma Siaga Hadapi Potensi Cuaca Ekstrem di Surabaya

Walikota Surabaya Tri Rismaharini meninjau lokasi penyimpanan perahu yang terletak di Kantor BPB Linmas Surabaya, Kamis (1/10/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya Tri Rismaharini meninjau lokasi penyimpanan perahu yang terletak di Kantor BPB Linmas Surabaya. Peninjauan dilakukan usai Risma mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lobby lantai 2 Balai Kota Surabaya, Kamis (1/10/2020).

Risma ingin memastikan semua perahu yang dimiliki dalam kondisi normal. Hal itu penting dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan menghadapi potensi datangnya hujan lebat dan angin kencang selama peralihan musim atau pancaroba.

Setiba di Kantor BPB Linmas Surabaya, Risma langsung meminta jajarannya untuk mengeluarkan semua perahu yang dimiliki. Ia meminta agar satu persatu perahu karet itu dicek kondisinya dan dicoba di atas sungai. “Tolong dicek, pastikan semua perahu ini dicoba. Supaya kita tahu ini bocor atau tidak, dicek minimal 3 jam,” kata dia.

Tak hanya itu, Risma juga meminta jajaran BPB dan Linmas untuk melakukan pengecekan mesin di setiap perahu tersebut. Apabila kondisi mesin perahu ada kerusakan, ia ingin agar segera dilakukan perbaikan. Dan, apabila tidak memungkinan untuk diperbaiki, agar segera dilakukan penggantian. “Mesin-mesinnya dicek, kalau perlu diservis dulu. Di coba dulu ada yang bocor atau tidak. Mesin-mesin perahu yang lama-lama itu juga dicek,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala BPB dan Linmas Kota Surabaya Irvan Widyanto menyatakan, bahwa langkah ini dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan jajaran Pemkot Surabaya dalam menghadapi potensi datangnya cuaca ekstrem, dalam hal ini kebencanaan. “Meskipun kita berdoa untuk tidak minta datangnya bencana, tapi ibu walikota menekankan kepada semua OPD untuk melakukan pengecekan sarana dan prasarana,” kata Irvan di sela meninjau kesiapan perahu karet.

Menurut Irvan, salah satu bentuk kesiapsiagaan ini adalah memastikan kondisi semua perahu karet beserta mesinnya dalam keadaan normal. Nantinya, perahu-perahu karet ini akan dibagikan ke masing-masing kecamatan. “Jadi kesiapan peralatan ini juga termasuk peralatan yang nanti dibagikan ke kecamatan. Kemudian ibu wali kota juga menginstruksikan untuk mengecek semua rumah pompa,” ungkap dia.

Di samping itu pula, kata Irvan, Presiden UCLG Aspac juga memberi arahan kepada jajaran Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) beserta Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) supaya melakukan pengecekan setiap saluran. “Semua kali, avur, dan sungai dicek semua salurannya dan juga peralatan-peralatan yang ada diminta untuk dicek semua,” papar dia.

Termasuk pula pengecekan dan ujicoba terhadap setiap perahu karet beserta mesin yang dimiliki masing-masing OPD. Sehingga diharapkan semua perahu itu dalam kondisi ready dan dapat digunakan sewaktu-waktu. Meski demikian, Irvan mengaku, sebelumnya Risma telah mengeluarkan surat edaran kepada masyarakat. Surat edaran itu berkaitan dengan kewaspadaan menghadapi potensi datangnya cuaca ekstrem selama peralihan musim.

“Ibu walikota sudah mengeluarkan surat edaran terutama ketika musim penghujan. Nantinya diminta untuk anak-anak tidak bermain, tidak memegang tiang listrik, kemudian kepada warga yang di bantaran. Semua warga juga diimbau untuk melakukan pengecekan terkait dengan saluran-saluran yang ada di wilayahnya,” jelasnya.

Apabila memungkinkan, pihaknya juga mengimbau masyarakat agar dapat melaksanakan kerja bakti bersama di masing-masing wilayah. Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Terutama apabila ada saluran yang buntu dan membutuhkan bantuan dari petugas pemkot bisa langsung menghubungi 112, itu nanti kita langsung tangani,” katanya.

Pria yang pernah menjabat Kasatpol PP Kota Surabaya ini menyebut, rencananya pemkot juga bakal menggelar rapat koordinasi bersama BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), pakar kebencanaan, akademisi beserta jajaran TNI dan Polri.

Menurut dia, ini penting dilakukan untuk merumuskan bersama apa saja yang harus disiapkan dalam menghadapi potensi datangnya cuaca ekstrem tersebut. Baik itu dari sisi pemerintahan maupun masyarakatnya. “Dari sisi pemerintah seperti apa, dari sisi masyarakat seperti apa dan itu termasuk juga. Namun, yang terpenting adalah bagaimana caranya mitigasi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Meski begitu, Irvan mengatakan, bahwa untuk saat ini potensi kebencanaan lebih pada terjadinya kebakaran. Karenanya, pihaknya mengimbau masyarakat agar mewaspadai hal tersebut. Bahkan, untuk memasifkan sosialisasi itu, BPB dan Linmas Surabaya bakal mengeluarkan video-video berupa tutorial dan imbauan kepada masyarakat terkait mitigasi kebencanaan. “Memang kebanyakan adalah saya minta warga untuk siaga terkait dengan kebakaran. Jadi sebisa mungkin nanti kita mengeluarkan video-video tutorial untuk bagaimana mengantisipasi kebencanaan, terutama kebakaran,” pungkasnya. pur

baca juga :

Tampilkan Smart Pot hingga Aplikasi Bantu Tuna Rungu

Polisi Tabrak 7 Kendaraan, 4 Orang Masuk RS

Redaksi Global News

Tekan Stunting, Balita Sudah Tidak Lagi Zamannya Makan Pisang Kerok Berlebih

Redaksi Global News