Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Risma Minta Proses Percepatan Proyek Simpang Susun Romokalisari

Walikota Tri Rismaharini menghadiri acara Ground Breaking Proyek Modifikasi Simpang Susun Romokalisari Jalan Tol Surabaya – Gresik, Jumat (9/10/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya Tri Rismaharini bersama jajarannya menghadiri acara Ground Breaking Proyek Modifikasi Simpang Susun Romokalisari Jalan Tol Surabaya – Gresik, Jumat (9/10/2020).
Akses jalan baru tersebut, memiliki panjang kurang lebih sekitar 1,6 kilometer dari Simpang Susun Romokalisari menuju Gelora Bung Tomo.
Acara yang digelar di lokasi proyek itu, dihadiri oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Dr Ir Hedy Raharian, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Prof DR Tech Ir Danang Parikesit dan Direktur Utama PT Margabumi Matraraya Yenny Shintawati.
Pada kesempatan itu,  Risma menjelaskan, sebenarnya rencana awal Pemkot Surabaya yang akan membangun jalan itu. Namun karena ada pandemi Covid-19, maka Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR) akhirnya membantu membangun akses jalan baru. Menurut dia, jalan baru ini nantinya tidak hanya percepatan menuju GBT saja.
“Melainkan jalan percepatan menuju Surabaya – Gresik, Surabaya – Mojokerto juga. Waktu itu saya menghadap Bapak Presiden Jokowi untuk dibantu, Alhamdulillah,” kata Risma di sela sambutannya.
Karenanya, walikota perempuan pertama di Kota Surabaya ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, terutama Kementerian PUPR, BPJT dan PT Margabumi Matraraya. Bagi Risma, saat ini yang paling penting adalah proses percepatan sehingga pada saat Piala Dunia mendatang, jalan tersebut sudah dapat beroperasi.
Di kesempatan yang sama, Presiden UCLG ASPAC ini memaparkan, bahwa tahun 2021 Kota Surabaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Oleh sebab itu, Risma ingin mempercepat pengerjaan berbagai persiapan Piala Dunia termasuk akses jalannya.
“Kemarin saat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali datang mengatakan stadion yang paling siap adalah di Kota Pahlawan. Karena kami berusaha memenuhi permintaan sesuai dengan standar yang ditentukan oleh Federation of International Football Association (FIFA),” urainya.
Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Raharian menjelaskan, proyek yang ditargetkan rampung pada  Juli 2021 mendatang itu akan terus dipantau progres pembangunannya dari hari ke hari. Bahkan dia menyatakan, akan intens berkunjung untuk memastikan kualitas pembangunan jalan tersebut.
“Jadi kami akan sering silaturahim kualitas. Supaya warga nyaman dan menjamin kenyamanan dan keselamatan warga,” kata Hedy Raharian.
Senada dengan itu, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menambahkan, yang menjadi fokus tidak kalah pentingnya adalah membentuk konektivitas yang dapat menghubungkan infrastruktur satu dengan yang lain. “Atau infrastruktur dengan pengembangan wilayah kawasan-kawasan pengembangan lain. Misalnya stadion atau industri,” kata Danang.
Dari situ lah, pihaknya berharap poin penting dari pembangunan infrastruktur dapat memberikan banyak dampak untuk masyarakat. “Termasuk dalam pembangunan jalan ini untuk memberikan dampak yang lebih besar terhadap masyarakat,” pungkasnya. pur

baca juga :

Wabup Subandi Minta Harmonisasi Industrial dengan Pengurus Serikat Pekerja Berjalan Kondusif

gas

Badrut Tamam Terima Pin Emas dari Kraton Kawitam Amarta Bumi: ‘Kemilau Madura’ Sinergi Seni Budaya Menuju Madura Hebat

gas

KH. Chumaidy: Jangan Sekali-kali Meninggalkan Silaturrahim

gas