Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Pemkot Surabaya Siapkan Swab Gratis di Bandara Juanda bagi Tamu World Habitat Day

Dubes Meksiko dan Kolumbia mengikuti tes swab di Bandara Juanda.

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemkot Surabaya menyediakan fasilitas swab gratis di Bandara Juanda bagi tamu peserta acara perayaan global Hari Habitat Dunia (World Habitat Day). Meski acara baru dimulai pada Senin (5/10/2020) malam, namun para peserta mulai berdatangan. Di antara tamu yang baru tiba itu adalah Mr Armando Gonzalo Alvarez Reina, Duta Besar Meksiko untuk Indonesia dan Mr Juan Camilo Valencia Gonzalez, Duta Besar Kolombia untuk Indonesia.
Kedua tamu undangan itupun setelah tiba di Bandara Juanda langsung mengikuti swab yang disiapkan di lokasi oleh Pemkot Surabaya.
Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan, bahwa pemkot melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah menyediakan fasilitas swab gratis di Bandara Juanda untuk tamu acara World Habitat Day yang baru tiba di Kota Pahlawan. “Jadi setelah turun dari pesawat mereka langsung dilakukan tes swab di bandara yang telah disiapkan Pemkot Surabaya,” kata Febriadhitya, Minggu (4/10/2020).
Febriadhitya menjelaskan, karena masih di masa pandemi Covid-19, tentunya jumlah tamu yang hadir untuk mengikuti rangkaian acara Hari Habitat Dunia dibatasi. Selain itu pula mereka juga wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan jaga jarak. “Dubes Meksiko dan Kolombia datang sekitar pukul 17.30  dan langsung di-swab. Datangnya barengan hanya dua orang tadi,” ungkap dia.
Menurut Febri, fasilitas swab gratis di Bandara Juanda yang disiapkan untuk tamu undangan ini merupakan inisiatif dari Pemkot Surabaya. Baik itu untuk tamu yang berasal luar kota ataupun mancanegara. Sehingga sebelum mengikuti rangkaian acara, mereka dapat dipastikan bebas dari Covid-19.
“Jadi itu inisiatifnya Pemkot Surabaya untuk tamu yang datang dari luar kota atau luar negeri. Setelah menjalani swab mereka kemudian tinggal di hotel sembari menunggu hasil swab keluar,” papar dia.
Sebagai informasi, Kota Surabaya telah dinobatkan menjadi tuan rumah perayaan global Hari Habitat Dunia (World Habitat Day) yang akan dimulai pada Senin (5/10/2020) malam. Acara internasional yang selalu digelar tiap hari Senin pertama di Bulan Oktober ini bekerjasama dengan UN-Habitat, badan PBB yang bergerak di bidang pemukiman dan pembangunan kota berkelanjutan.
Nantinya acara perayaan Hari Habitat Dunia itu akan dibuka di halaman Balai Kota Surabaya pada Senin malam. Saat acara itu, akan ada panggung penampilan parade seni, pemberian penghargaan kepada lima pemenang UN-Habitat Scroll of Honour yang berasal dari Uganda, Malaysia, Nepal, Kolombia, dan Meksiko. Namun, karena ada beberapa kendala di tengah pandemi ini, yang hadir ke Surabaya hanya dua orang pemenang. pur

baca juga :

Bersama Persib, Beckham Sambut Tantangan Baru di Musim Baru

Serahkan Berbagai Bantuan ke Warga Magetan, Wagub Emil Sebut Sebagai Sinergitas Semua Lini

Redaksi Global News

Jelang Imlek, TNI dan Polri Bersih-Bersih Klenteng

Redaksi Global News